dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan proses
pengembangan bahan ajar chatbot berbasis artificial intelligence pada
materi sistem pernapasan makhluk hidup, (2) Untuk mendeskripsikan
kualitas bahan ajar chatbot berbasis artificial intelligence pada materi sistem
pernapasan makhluk hidup, (3) Untuk mendeskripsikan respon peserta didik
terhadap bahan ajar chatbot berbasis artificial intelligence pada materi
sistem pernapasan makhluk hidup.
Untuk mencapai tujuan di atas, Penelitian ini menggunakan metode
penelitian dan pengembangan (R&D) dilengkapi dengan model penelitian
4D dengan tahapan-tahapannya yaitu Define, Design, Develop, dan
Disseminate. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas
VC SDN 09 Pontianak Utara. Instrument yang digunakan terdiri atas lembar
validasi, pedoman wawancara dan lembar angket. Teknik analisis data pada
penelitian ini menggunakan rumus Gregory.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan bahan
ajar chatbot berbasis artificial intelligence melalui 4 tahapan yaitu
penetapan, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. (2)
Kelayakan bahan ajar chatbot diperoleh dari validasi oleh ahli materi,
software, dan Bahasa yang mendapatkan nilai CVI 1 dengan kategori sangat
tinggi. (3) Respon peserta didik memperoleh nilai 66% sangat setuju peserta
didik perempuan, 34% setuju peserta didik perempuan, 0% tidak setuju
peserta didik perempuan dan 0% sangat tidak setuju peserta didik
perempuan serta 70% sangat setuju peserta didik laki-laki, 30% setuju
peserta didik laki-laki, 0% tidak setuju peserta didik laki-laki dan 0% sangat
tidak setuju peserta didik laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa bahan ajar chatbot valid dan dapat digunakan oleh
peserta didik. |
en_US |