dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses pengembangan
bahan ajar chatbot berbasis artificial intelligence pada materi sistem
pencernaan manusia; 2) mendeskripsikan kualitas bahan ajar chatbot berbasis
artificial intelligence pada materi sistem pencernaan manusia; 3)
mendeskripsikan respon peserta didik terhadap bahan ajar chatbot berbasis
artificial intelligence pada materi sistem pencernaan manusia.
Untuk menjawab tujuan peneliti diatas, menggunakan metode
pengembangan (R&D), dengan model 4D yang dikembangkan oleh
Thigaranjan, terdiri dari yaitu: Define, Design, Development, dan
Disseminate. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VA SDN 04
Pontianak Timur. Instrument penelitian menggunakan lembar validasi,
pedoman wawancara dan lembar angket.
Berdasarkan hasil pengolahan data dapat dibuktikan bahwa: 1)proses
pengembangan berjalan sesuai prosedur, pengembangan model 4D terdiri
dari: Penetapan, perancangan, pengembangan, dan penyebaranluasan; 2)
kualitas bahan ajar dari 3 aspek: Materi, software, dan bahasa memperoleh
CVI sebesar 1 kategori “ sangat tinggi”; 3) respon peserta didik laki-laki
memperoleh skor sangat setuju 52% dan setuju 42%. Peserta didik
perempuan memperoleh skor sangat setuju 50% dan setuju 50%. Dapat
disimpulkan bahwa hasil penelitian ini, dinyatakan valid dan dapat digunakan
oleh peserta didik. |
en_US |