dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) penggunaan media video
stop motion pada peserta didik kelas III di SD Negeri 09 Pontianak Timur. 2)
keaktifan belajar pada peserta didik kelas III di SD Negeri 09 Pontianak Timur. 3)
pengaruh penggunaan media video stop motion terhadap keaktifan belajar peserta
didik kelas III di SD Negeri 09 Pontianak Timur.
Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian
eksperimen. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah quasi
eskperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: 1) Angket
(Kuesioner), dan 2) Dokumentasi. Teknik analisis instrumen yaitu teknik validitas
dan reabilitas. Teknik analisis data untuk menguji yaitu uji normalitas, uji
homogenitas dan uji t
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan
sebagai berikut: 1) penggunaan media video stop motion berdasarkan skor total
ideal pada 5 indikator penilaian yang digunakan mendapat hasil sebesar 80%
dengan kategori kriteria media efektif. 2) nilai rata-rata kelas kontrol pada nilai
angket sebesar 69,33 dan kelas eksperimen pada nilai angket sebesar 87,70. 3)
peneliti menemukan keefektifan pada penggunaan media video stop motion
terhadap pembelajaran aktif hal ini dibuktikan berdasarkan análisis data nilai
angket yang menunjukkant t hitung sebesar 10,056> t tabel sebesar 1,995.
Demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata
antara kelas eskperimen lebih besar dari rata-rata kelas kontrol. |
en_US |