PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III PADA MATERI BANGUN DATAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IHSAN BATU AMPAR AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Alfianti, Dini
dc.date.accessioned 2023-07-28T01:45:05Z
dc.date.available 2023-07-28T01:45:05Z
dc.date.issued 2023-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3468
dc.description.abstract Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama, Penggunaan mediapapan berpaku pada materi bangun datar peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhsan Batu Ampar tahun ajaran 2021/2022. Kedua, Hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar setelah menggunakan media papan berpaku di kelas III MadrasahIbtidaiyah Al-Ikhsan Batu Ampar tahun ajaran 2021/2022. Ketiga, Signifikasi pengaruh dari penggunaan media papan berpaku terhadap hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar kelasIII Madrasah Ibtidaiyah AlIkhsan Batu Ampar tahun ajaran 2020/2021 Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian Eksperimen. Lokasi penelitian ini bertempatan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ihsan Batu Ampar dengan sumber datanya adalah siswa kelas III. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah pengamatan, teknik pengukuran dan teknik dokumenter. Alat pengumpulan data berupa lembar Observasi, tes dan Mechanical device.Analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis regresif Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: Pertama penggunaan Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Pada Materi Bangun Datar Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ihsan Batu Ampar Tahun Ajaran 2021/2022,karena seluruh langkah sudah dilaksanakan maka hal tersebut sama artinya dengan terlaksana 100%. Kedua, diperoleh kemampuan posttest pada siswa kelas eksperimen dengan rata-rata hasil belajar yaitu 68 yang termasuk ke dalam kategori kurang. Posttest dari 72 siswa hanya 8 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Banyaknya siswa yang tidak memberikan jawaban pada saat postest mengakibatkan nilai rataratamenjadi rendah (Indeks Kesukaran Rata 0,61 yang hampir mendekati Indeks Kesukaran pada KKM yaitu 0,70) maka di kategorikan sangat baik. Ketiga pengaruh penggunaan media papan berpaku terhadap hasil belajar terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ihsan Batu Ampar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Papan Berpaku en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Matematika en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III PADA MATERI BANGUN DATAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IHSAN BATU AMPAR AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account