dc.description.abstract |
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama,
Penggunaan mediapapan berpaku pada materi bangun datar peserta didik
kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhsan Batu Ampar tahun ajaran
2021/2022. Kedua, Hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar
setelah menggunakan media papan berpaku di kelas III MadrasahIbtidaiyah
Al-Ikhsan Batu Ampar tahun ajaran 2021/2022. Ketiga, Signifikasi
pengaruh dari penggunaan media papan berpaku terhadap hasil belajar
peserta didik pada materi bangun datar kelasIII Madrasah Ibtidaiyah AlIkhsan Batu Ampar tahun ajaran 2020/2021
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode
penelitian Eksperimen. Lokasi penelitian ini bertempatan di Madrasah
Ibtidaiyah Al-Ihsan Batu Ampar dengan sumber datanya adalah siswa kelas
III. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah pengamatan, teknik
pengukuran dan teknik dokumenter. Alat pengumpulan data berupa lembar
Observasi, tes dan Mechanical device.Analisis data menggunakan analisis
instrumen, analisis deskriptif dan analisis regresif
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: Pertama
penggunaan Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Kelas III Pada Materi Bangun Datar Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ihsan Batu
Ampar Tahun Ajaran 2021/2022,karena seluruh langkah sudah dilaksanakan
maka hal tersebut sama artinya dengan terlaksana 100%. Kedua, diperoleh
kemampuan posttest pada siswa kelas eksperimen dengan rata-rata hasil
belajar yaitu 68 yang termasuk ke dalam kategori kurang. Posttest dari 72
siswa hanya 8 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Banyaknya siswa
yang tidak memberikan jawaban pada saat postest mengakibatkan nilai rataratamenjadi rendah (Indeks Kesukaran Rata 0,61 yang hampir mendekati
Indeks Kesukaran pada KKM yaitu 0,70) maka di kategorikan sangat baik.
Ketiga pengaruh penggunaan media papan berpaku terhadap hasil belajar
terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas
III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ihsan Batu Ampar. |
en_US |