PENERAPAN METODE C3T ( CERDAS, CERMAT, CEPAT DAN TEPAT ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI METAMORFOSIS KELAS IV A MIN 2 KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Bella, Deby Nur Isa
dc.date.accessioned 2023-07-28T01:09:41Z
dc.date.available 2023-07-28T01:09:41Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3466
dc.description.abstract Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini untuk rumusan masalah yang terdiri dari: 1) Bagaimana hasil belajar peserta didik materi metamorfosis sebelum diterapkannya metode C3T (cerdas, cermat, cepat dan tepat) kelas IV A di MIN 2 Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023 2) Bagaimana langkahlangkah penerapan metode C3T (cerdas, cermat, cepat dan tepat) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi metamorfosis kelas IV/A di MIN 2 Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023. 3) Bagaimana hasil belajar peserta didik materi metamorfosis setelah diterapkan metode C3T (cerdas, cermat, cepat dan tepat) kelas IV A di MIN 2 Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023. 4) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik materi metamorfosis sebelum dan setelah diterapkan metode C3T (cerdas, cermat, cepat dan tepat) kelas IV A di MIN 2 Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian tindakan kelas yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi 4) Refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas IV A Bapak Rasyid. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan berupa instrument tes, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan metode C3T materi metamorfosis, menunjukan kategori sangat kurang pada pra siklus dengan nilai rata-rata 30 dengan persentase sebesar 93%. Hal ini berarti sebelum penerapan metode C3T hasil belajar peserta didik masih rendah dan perlu dilakukan tindakan 2) Langkah-langkah penerapan metode C3T pada materi metamorfosis menunjukan kategori sangat baik pada siklus I dengan nilai persentase sebesar 94,44% dan pada siklus II dengan nilai persentase sebesar 100%. Hal ini berarti penerapan metode C3T sudah dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran. 3) Hasil belajar peserta didik setelah menerapkan metode C3T materi metamorfosis menunjukkan kategori baik pada siklus I dengan nilai rata-rata 66 dengan persentase 36,67%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 88 termasuk kategori sangat baik dengan persentase 86,67%. 4) Terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik setelah menerapkan metode C3T materi metamorfosis kelas IV A dari siklus I hingga siklus II dengan persentase sebesar 51%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode C3T en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENERAPAN METODE C3T ( CERDAS, CERMAT, CEPAT DAN TEPAT ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI METAMORFOSIS KELAS IV A MIN 2 KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account