dc.description.abstract |
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini untuk rumusan masalah
yang terdiri dari: 1) Bagaimana hasil belajar peserta didik materi metamorfosis
sebelum diterapkannya metode C3T (cerdas, cermat, cepat dan tepat) kelas IV
A di MIN 2 Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023 2) Bagaimana langkahlangkah penerapan metode C3T (cerdas, cermat, cepat dan tepat) untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik materi metamorfosis kelas IV/A di
MIN 2 Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023. 3) Bagaimana hasil belajar
peserta didik materi metamorfosis setelah diterapkan metode C3T (cerdas,
cermat, cepat dan tepat) kelas IV A di MIN 2 Kubu Raya Tahun Ajaran
2022/2023. 4) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik materi
metamorfosis sebelum dan setelah diterapkan metode C3T (cerdas, cermat,
cepat dan tepat) kelas IV A di MIN 2 Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan jenis penelitian Penelitian
Tindakan Kelas atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian tindakan
kelas yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi 4) Refleksi. Sumber
data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas IV A Bapak
Rasyid. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang
digunakan berupa instrument tes, lembar observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik
sebelum menerapkan metode C3T materi metamorfosis, menunjukan kategori
sangat kurang pada pra siklus dengan nilai rata-rata 30 dengan persentase
sebesar 93%. Hal ini berarti sebelum penerapan metode C3T hasil belajar
peserta didik masih rendah dan perlu dilakukan tindakan 2) Langkah-langkah
penerapan metode C3T pada materi metamorfosis menunjukan kategori sangat
baik pada siklus I dengan nilai persentase sebesar 94,44% dan pada siklus II
dengan nilai persentase sebesar 100%. Hal ini berarti penerapan metode C3T
sudah dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran. 3) Hasil
belajar peserta didik setelah menerapkan metode C3T materi metamorfosis
menunjukkan kategori baik pada siklus I dengan nilai rata-rata 66 dengan
persentase 36,67%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 88 termasuk
kategori sangat baik dengan persentase 86,67%. 4) Terdapat peningkatan yang
signifikan pada hasil belajar peserta didik setelah menerapkan metode C3T
materi metamorfosis kelas IV A dari siklus I hingga siklus II dengan persentase
sebesar 51%. |
en_US |