PENGGUNAAN MODEL NUMBER HEADS TOGETHER BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI DUA DIMENSI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 2 KELAS II

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Nurhidayah, Vibry Andina
dc.contributor.author Parida, Cici
dc.date.accessioned 2023-07-28T00:57:50Z
dc.date.available 2023-07-28T00:57:50Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3465
dc.description.abstract Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) hasil belajar sebelum menggunakan model number head together berbantuan media video animasi dua dimensi untuk meningkatkan hasil belajar tematik tema 2 kelas II, 2) langkah-langkah penggunaan model number head together berbantuan media video animasi dua dimensi untuk meningkatkan hasil belajar tematik tema 2 kelas II, 3) hasil belajar sesudah menggunakan model number head together berbantuan media video animasi dua dimensi untuk meningkatkan hasil belajar tematik tema 2 kelas II, 4) peningkatan hasil belajar setelah menggunakan model number head together berbantuan media video animasi dua dimensi untuk meningkatkan hasil belajar tematik tema 2 kelas II. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pengukuran dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum penggunaan model number head together berbantuan media video animasi dua dimensi meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran tematik tema 2 kelas II terdapat 7 orang siswa dinyatakan tuntas setara 35% dan 13 orang siswa dinyatakan tidak tuntas setara 65%. 2) Langkah-langkah model number head together berbantuan media video animasi dua dimensi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II dilakukan sebanyak 11 langkah namun 2 langkah tidak terlaksana dikarenakan tidak membuat nomor kelompok dan tidak membedakan soal setiap kelompok. 3) Hasil belajar setelah penggunaan model number head together berbantuan media video animasi dua dimensi meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran tematik kelas II tema 2 pada Siklus I terdapat 15 orang siswa dinyatakan tuntas setara 75% dan 5 orang siswa dinyatakan tidak tuntas setara 25%. Sedangkan pada siklus II terdapat 20 orang dinyatakan tuntas setara 100%. 4) terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan model number head together berbantuan media video animasi dua dimensi dalam pembelajaran tematik kelas II tema 2 dengan ketuntasan dari 35% menjadi 100% en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Model Number Head Together en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL NUMBER HEADS TOGETHER BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI DUA DIMENSI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 2 KELAS II en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account