Abstract:
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.
Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan apa-apa yang saat ini
berlaku. Penelitian ini tidak menguji hipotesis dan tidak menggunakan hipotesis,
melainkan hanya mendeskripsikan informasi apa adanya sesuai dengan variable
yang mana penulis menggabungkan data-data yang ada untuk kemudian
diwujudkan dalam bentuk kalimat agar mudah dipahami oleh penulis maupun
pembaca. Adapun metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data yaitu
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan ialah
pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi data. Sedangkan teknik
pengecekan keabsahan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah
membercheck dan triangulasi. Dengan ini diharapkan dapat memperoleh data-data
yang konkrit yang sesuai dengan kebutuhan penelitian yang dilaksanakan di
Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Ijtihad Seladu.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini didapatkan hasil sebagai
berikut: 1) Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran fikih adalah sebagai berikut : a) menerapkan langkah- langkah
pembelajaran sesuai procedural (langkah prainstruksinonal, instruksional, evaluasi
dan tindak lanjut). b) kesiapan mental dan fisik siswa. c) meningkatkan minat dan
motivasi siswa. d) menggunakan strategi pembelajaran. e) uji hasil belajar.
2) Faktor penghambat guru fikih dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
a) sumber belajar yang kurang. b) sarana dan prasarana kurang memadai. 3)
Faktor pendukung guru fikih dalam meningkatkan hasil belajar siswa. a) adanya
kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua siswa. b) adanya motivasi
yang tinggi dari siswa dalam mengikuti pembelajaran.