UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA (MIS) IJTIHAD SELADU KECAMATAN SEMPARUK KABUPATEN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Anangga, Yogi
dc.date.accessioned 2023-07-26T01:34:17Z
dc.date.available 2023-07-26T01:34:17Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3447
dc.description.abstract Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan apa-apa yang saat ini berlaku. Penelitian ini tidak menguji hipotesis dan tidak menggunakan hipotesis, melainkan hanya mendeskripsikan informasi apa adanya sesuai dengan variable yang mana penulis menggabungkan data-data yang ada untuk kemudian diwujudkan dalam bentuk kalimat agar mudah dipahami oleh penulis maupun pembaca. Adapun metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi data. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah membercheck dan triangulasi. Dengan ini diharapkan dapat memperoleh data-data yang konkrit yang sesuai dengan kebutuhan penelitian yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Ijtihad Seladu. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini didapatkan hasil sebagai berikut: 1) Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih adalah sebagai berikut : a) menerapkan langkah- langkah pembelajaran sesuai procedural (langkah prainstruksinonal, instruksional, evaluasi dan tindak lanjut). b) kesiapan mental dan fisik siswa. c) meningkatkan minat dan motivasi siswa. d) menggunakan strategi pembelajaran. e) uji hasil belajar. 2) Faktor penghambat guru fikih dalam meningkatkan hasil belajar siswa. a) sumber belajar yang kurang. b) sarana dan prasarana kurang memadai. 3) Faktor pendukung guru fikih dalam meningkatkan hasil belajar siswa. a) adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua siswa. b) adanya motivasi yang tinggi dari siswa dalam mengikuti pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Upaya Guru en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Pembelajaran Fikih en_US
dc.title UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA (MIS) IJTIHAD SELADU KECAMATAN SEMPARUK KABUPATEN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account