Abstract:
Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan, peneliti melihat
kurangnya akivitas belajar siswa dalam menanggapi suatu materi. Oleh
karena itu, peneliti menggunakan strategi poster comment untuk melihat
pengaruhnya dalam aktivitas belajar siswa di kelas. Dengan demikian maka,
Tujuan umum penbelitian ini adalah untuk menganalisis dan
mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi pembelajaran poster
comment terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi
Pekerti di kelas V SDN 09 Jongkat tahun pelajaran 2022/2023. Adapun tujuan
secara khusus pada penelitian ini: Pertama, penggunaan strategi pembelajaran
poster comment. Kedua, aktivitas belajar siswa. Ketiga, pengaruh
penggunaan strategi pembelajaran poster comment terhadap aktivitas belajar
siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen dan desain penelitian static-group comparison.
Sumber data yang berupa populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa
dengan mengambil sampel secara acak pada 40 siswa pada kelas VA sebagai
kelas eskperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data
aktivitas belajar siswa digunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi
tidak langsung partisipan dan studi dokumenter. Dengan alat pengumpulan
datanya berupa lembar observasi dan perangkat elektronik. Untuk
menganalisis data, peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif dan dan
analisis statistik inferensial berupa uji Somers’d.
Berdasarkan hasil analisis data maka kesimpulan umum pada
penelitian ini adalah strategi pembelajaran poster comment berpengaruh
positif terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi
Pekerti di kelas V SDN 09 Jongkat Tahun Pelajaran 2022/2023. Secara
khusus kesimpulannya: Pertama, dari hasil analisis data yang diperoleh,
penggunaan strategi pembelajaran poster comment sudah sesuai dengan
tahapan pada tingkat kesesuaian 100%. Kedua, dari hasil data, diperoleh nilai
rata-rata (mean) untuk kelas kontrol sebesar 22,50 dan kelas eksperimen
sebesar 48,05. Ketiga, berdasarkan Uji Somers’d, data yang diperoleh, nilai
signifikan sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan
antara strategi pembelajaran poster comment terhadap aktivitas belajar siswa
dan pada value terdapat nilai sebesar 0,533 artinya pengaruh penggunaan
strategi poster comment terhadap aktivitas belajar bersifat kuat.