PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER COMMENT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI KELAS V SDN 09 JONGKAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Asih, Wulan Widyanti
dc.date.accessioned 2023-07-26T01:24:46Z
dc.date.available 2023-07-26T01:24:46Z
dc.date.issued 2023-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3446
dc.description.abstract Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan, peneliti melihat kurangnya akivitas belajar siswa dalam menanggapi suatu materi. Oleh karena itu, peneliti menggunakan strategi poster comment untuk melihat pengaruhnya dalam aktivitas belajar siswa di kelas. Dengan demikian maka, Tujuan umum penbelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi pembelajaran poster comment terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas V SDN 09 Jongkat tahun pelajaran 2022/2023. Adapun tujuan secara khusus pada penelitian ini: Pertama, penggunaan strategi pembelajaran poster comment. Kedua, aktivitas belajar siswa. Ketiga, pengaruh penggunaan strategi pembelajaran poster comment terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian static-group comparison. Sumber data yang berupa populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan mengambil sampel secara acak pada 40 siswa pada kelas VA sebagai kelas eskperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data aktivitas belajar siswa digunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi tidak langsung partisipan dan studi dokumenter. Dengan alat pengumpulan datanya berupa lembar observasi dan perangkat elektronik. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif dan dan analisis statistik inferensial berupa uji Somers’d. Berdasarkan hasil analisis data maka kesimpulan umum pada penelitian ini adalah strategi pembelajaran poster comment berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas V SDN 09 Jongkat Tahun Pelajaran 2022/2023. Secara khusus kesimpulannya: Pertama, dari hasil analisis data yang diperoleh, penggunaan strategi pembelajaran poster comment sudah sesuai dengan tahapan pada tingkat kesesuaian 100%. Kedua, dari hasil data, diperoleh nilai rata-rata (mean) untuk kelas kontrol sebesar 22,50 dan kelas eksperimen sebesar 48,05. Ketiga, berdasarkan Uji Somers’d, data yang diperoleh, nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran poster comment terhadap aktivitas belajar siswa dan pada value terdapat nilai sebesar 0,533 artinya pengaruh penggunaan strategi poster comment terhadap aktivitas belajar bersifat kuat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Poster Comment en_US
dc.subject Aktivitas Belajar Siswa en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER COMMENT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI KELAS V SDN 09 JONGKAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account