Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: pertama, strategi
implementasi hidden curriculum dalam membentuk karakter disiplin shalat
berjamaah pada siswa di MTs Mujahidin Pontianak. Kedua, mendeskripsikan
implikasi dari implementasi hidden curriculum dalam upaya membentuk karakter
disiplin shalat berjamaah pada siswa di MTs Mujahidin Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat
deskriptif. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis studi kasus. Sumber
data penelitian terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan
data yaitu dengan menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara langsung
dan mendalam serta dokumentasi. Untuk pemeriksaan keabsahan data, penulis
menggunakan tiga tahap penelitian, yaitu triangulasi, member check, dan
perpanjangan waktu penelitian. Sedangkan teknik analisis datanya melalui
kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
Setelah melakukan analisis data, maka diperoleh hasil, yakni: pertama,
untuk mengimplementasikan hidden curriculum dalam membentuk karakter
disiplin siswa di MTs Mujahidin Pontianak dapat dilakukan melalui strategi
pembiasaan dalam penanaman karakter disiplin, adapun pembiasaan yang
dilakukan pada siswa di MTs Mujahidin Pontianak ini yang pertama yaitu dengan
melaksanakan kegiatan shalat berjamaah ini secara kontinu dan terjadwal setiap
hari selama jam sekolah. Juga, strategi keteladanan. Guru bisa menjadi contoh
dalam pelaksanaan kegiatan shalat berjamaah ini, guru juga mengabsensi siswa,
melakukan pengawasan dari wudhu hingga selesai shalat. Kedua, implikasi hidden
curriculum berupa salat berjamaah dapat membantu siswa mengembangkan
karakter disiplin. Dengan mereka segera berwudhu kemudian melaksanakan shalat
ketika sudah masuk jadwalnya, meluruskan shaf, membawa perlengkapan shalat,
dan tidak bermain-main ketika shalat. Selain itu, ada rasa tanggung jawab karena
seringkali siswa menanyakan apakah shalat ini dilaksanakan atau tidak.