Abstract:
Skripsi ini membahas tentang Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah
Diniyah Takmiliyah Awaliyah Nurul Iman Desa Telaga Arum. Latar belakang
penelitian ini adalah bahwa Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Nurul
Iaman merupakan lembaga pendidikan Nonformal yang mendidik anak-anak
khusus pelajaran Agama yang salah satunya adalah pembelajaran Aqidah Akhlak.
Pembelajaran Materi Aqidah Akhlak merupakan hal yang sangat penting karena
nantinya akan membentuk sikap, tingkah laku dan jati diri seorang anak karena
pembentukan moral yang tinggi merupakan tujuan utama pada pendidikan Islam.
Maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah “bagaimanakah pelaksanaan
Pembelajaran Aqidah Akhlak peserta didik di Madrasah Diniyah Takkmiliyah
Nurul Iman Desa telaga Arum Kecamatan Seponti Kabupaten kayong Utara.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian
ini adalah guru Aqidah Akhlak dan santri/ peserta didik. Data dianalis dengan
kuliatatif melalui teknik analisis data, triangulasi data.
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulakn bahwasannya: Dalam
pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak terdiri dari kegiatan aal, kegiatan inti,
dan kegiatan akhir. Guru menggunakan metode ceramah, dan penugasan. Dengan
metode ceramah menjadikan peserta didik paham dengan materi yang disampaikan
oleh guru, dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan metode
tanya jawab, peserta didik dapat berkesempatan bertanya tentang materi yang telah
disampaiakn menjadikan peserta didk yang belum tahu menjadi tahu. Setelah tahu
peserta didik dapat membedakan mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang
harus dihindari. Dengan adanya metode penugasan, peserta didik dapat menjadi
rajin belajr dan lebih aktif dalam mencari tahu tentang materi Aqidah Akhlak.
Dengan metode ini peserta didik dapat aktif dalam mengemukakan endapatnya dan
termotivasi menjadi lebih baik lagi. Selain itu dalam membentuk kepribadian
terpuji, guru juga sangat berperan dalam memberikan contoh teladan dna
pembiasaan yang baik kepada peserta didik.