Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Kesulitan membaca
Al-Qur’an yang dialami peserta didik kelas V di SD Negeri 16 Sungai Kakap; (2)
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas V di SD Negeri 16 Sungai Kakap ; (3) faktor
pendukung dan penghambat kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas V
di SD Negeri 16 Sungai Kakap.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini
terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder, yaitu: 1) Sumber
primer adalah Guru pendidikan Agama Islam dan 5 orang peserta didik kelas V di
SD Negeri 16 Sungai Kakap 2) Sumber sekunder adalah diperoleh dari
dokumentasi bagian administrasi di SD Negeri 16 Sungai Kakap yaitu: sejarah
berdiri, visi dan misi, struktur organisasi, jumlah guru dan peserta didik, serta
sarana dan prasarana dari SD Negeri 16 Sungai kakap.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: a. Kesulitan membaca Al-Qur’an yang dialami peserta didik kelas V di
Sekolah Dasar Negeri 16 Sungai Kakap yaitu kelancaran dalam membaca AlQur’an,kurangnya pemahaman peserta didik terhadap huruf hijaiyah bersambung
dan peserta didik kurang memahami tajwid tentang mad tobi’i. Upaya guru
Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 16 Sungai Kakap dapat
dilakukan dengan baik. b. motivasi dan memberikan pembiasaan membaca surahsurah pendek sebelum pembelajaran dan pemimbing peserta didik agar terus
mengulang-ngulang dalam membaca Al-Qur’an. c. Faktor pendukungnya yaitu:
kerjasama orangtua dan guru Pendidikan Agama Islam, sarana dan prasarana,
serta keinginan dari peserta didik yang kuat. Sedangkan faktor penghambatnya,
yaitu: orangtua kurang memberikan perhatian dan motivasi, jam pelajaran PAI
terbatas, minat peserta didik untuk belajar membaca Al-Qur’an kurang.