UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL QURAN PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 16 SUNGAI KAKAP

Show simple item record

dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.author Setiyo, Selamat
dc.date.accessioned 2023-07-25T01:50:20Z
dc.date.available 2023-07-25T01:50:20Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3433
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Kesulitan membaca Al-Qur’an yang dialami peserta didik kelas V di SD Negeri 16 Sungai Kakap; (2) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas V di SD Negeri 16 Sungai Kakap ; (3) faktor pendukung dan penghambat kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas V di SD Negeri 16 Sungai Kakap. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder, yaitu: 1) Sumber primer adalah Guru pendidikan Agama Islam dan 5 orang peserta didik kelas V di SD Negeri 16 Sungai Kakap 2) Sumber sekunder adalah diperoleh dari dokumentasi bagian administrasi di SD Negeri 16 Sungai Kakap yaitu: sejarah berdiri, visi dan misi, struktur organisasi, jumlah guru dan peserta didik, serta sarana dan prasarana dari SD Negeri 16 Sungai kakap. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: a. Kesulitan membaca Al-Qur’an yang dialami peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri 16 Sungai Kakap yaitu kelancaran dalam membaca AlQur’an,kurangnya pemahaman peserta didik terhadap huruf hijaiyah bersambung dan peserta didik kurang memahami tajwid tentang mad tobi’i. Upaya guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 16 Sungai Kakap dapat dilakukan dengan baik. b. motivasi dan memberikan pembiasaan membaca surahsurah pendek sebelum pembelajaran dan pemimbing peserta didik agar terus mengulang-ngulang dalam membaca Al-Qur’an. c. Faktor pendukungnya yaitu: kerjasama orangtua dan guru Pendidikan Agama Islam, sarana dan prasarana, serta keinginan dari peserta didik yang kuat. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu: orangtua kurang memberikan perhatian dan motivasi, jam pelajaran PAI terbatas, minat peserta didik untuk belajar membaca Al-Qur’an kurang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Upaya Guru en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject SDN 16 Sungai Kakap en_US
dc.title UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL QURAN PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 16 SUNGAI KAKAP en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account