Abstract:
Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: untuk mengetahui penerapan
model Problem Based Learning, 1. Cara guru dalam mengorganisasikan peserta
didik pada pembelajaran menggunkan model Problem Based Learning. 2. Cara
guru membimbing penyelidikan individu dan kelompok peserta didik pada model
Problem Based Learning. 3. Cara guru mengembangkan dan menyajikan hasil
karya pada peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning. 4.
Cara guru menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah pada siswa
dengan menggunakan model Problem Based Learning.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber datanya adalah
guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk
mengolah keabsahan data penelitian menggunakan uji kredibilitas data.
Hasil penelitian ini menjawab pertanyaan penelitian tentang penerapan
model Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti Kelas XII MIPA 8 SMA Negeri 1 Pontianak. 1. Guru membuat
siswa dalam 2 kelompok, guru memberikan LKPD kepada peserta didik, peserta
didik dibantu mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang
berhubungan dengan masalah tersebut. 2. Menggunakan materi ajar dan buku
siswa peserta didik mengumpulkan informasi untuk membangun ide mereka
sendiri dalam memecahkan masalah, peserta didik mendiskusikan pertanyaan dan
melakukan penyelidikan pada LKPD dalam kelompok, peserta didik dapat
menggunakan bahan ajar maupun buku penunjang untuk bahan diskusi, guru
membimbing penyelidikan yang digunakan peserta didik dengan berkeliling untuk
memberikan bantuan saat siswa berdiskusi. 3. Peserta didik mencatat hasil
penyelidikan kelompok dalam lembar kerja, peserta didik mengolah hasil
penyelidikan yang diperoleh dari kelompoknya, peserta didik menjawab
pertanyaan pada lembar kerja, peserta didik menyimpulkan hasil penyelidikan dari
masalah yang ditemukan. 4. Peserta didik dan guru mengevaluasi hasil
penyelidikan melalui diskusi kelas, peserta didik dibimbing guru menganalisis
hasil pemecahan masalah yang ada pada LKPD, selanjutnya peserta didik diminta
membaca hasil penyelidikan dan diskusi dan dilanjutkan dengan penyamaan
persepsi, peserta didik mengumpulkan LKPD kepada guru untuk dinilai.