PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDIPEKERTI KELAS XII MIPA 8 SMA NEGERI 1 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor A, Rustam
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.author Hartuti, Sari
dc.date.accessioned 2023-07-25T01:40:50Z
dc.date.available 2023-07-25T01:40:50Z
dc.date.issued 2023-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3432
dc.description.abstract Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning, 1. Cara guru dalam mengorganisasikan peserta didik pada pembelajaran menggunkan model Problem Based Learning. 2. Cara guru membimbing penyelidikan individu dan kelompok peserta didik pada model Problem Based Learning. 3. Cara guru mengembangkan dan menyajikan hasil karya pada peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning. 4. Cara guru menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah pada siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber datanya adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk mengolah keabsahan data penelitian menggunakan uji kredibilitas data. Hasil penelitian ini menjawab pertanyaan penelitian tentang penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII MIPA 8 SMA Negeri 1 Pontianak. 1. Guru membuat siswa dalam 2 kelompok, guru memberikan LKPD kepada peserta didik, peserta didik dibantu mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut. 2. Menggunakan materi ajar dan buku siswa peserta didik mengumpulkan informasi untuk membangun ide mereka sendiri dalam memecahkan masalah, peserta didik mendiskusikan pertanyaan dan melakukan penyelidikan pada LKPD dalam kelompok, peserta didik dapat menggunakan bahan ajar maupun buku penunjang untuk bahan diskusi, guru membimbing penyelidikan yang digunakan peserta didik dengan berkeliling untuk memberikan bantuan saat siswa berdiskusi. 3. Peserta didik mencatat hasil penyelidikan kelompok dalam lembar kerja, peserta didik mengolah hasil penyelidikan yang diperoleh dari kelompoknya, peserta didik menjawab pertanyaan pada lembar kerja, peserta didik menyimpulkan hasil penyelidikan dari masalah yang ditemukan. 4. Peserta didik dan guru mengevaluasi hasil penyelidikan melalui diskusi kelas, peserta didik dibimbing guru menganalisis hasil pemecahan masalah yang ada pada LKPD, selanjutnya peserta didik diminta membaca hasil penyelidikan dan diskusi dan dilanjutkan dengan penyamaan persepsi, peserta didik mengumpulkan LKPD kepada guru untuk dinilai. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject PBL en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDIPEKERTI KELAS XII MIPA 8 SMA NEGERI 1 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account