Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) pemanfaatan blog sebagai
media pembelajaran alternatif materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam (SKI) pada siswa kelas XI di MAN 3 Pontianak; 2) mendeskripsikan
pemanfaatan blog sebagai media alternatif pembelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam (SKI) pada materi Daulah Mughal di India di MAN 3 Pontianak; 3)
Mendeskripsikan pemanfaatan blog sebagai media alternatif pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada materi Daulah Syafawi di Persia di
MAN 3 Pontianak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode pre-eksperimen. Desain penelitian one group pretest posttest design.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dokumentasi
Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder, yaitu:
1) sumber data primer peserta didik kelas XI MIPA dan guru Sejarah
kebuayaan Islam (SKI); 2) Sumber data sekunder yaitu blogspot.com, RPP,
materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) penyampaian materi Daulah Usmani di Turki dengan
memanfaatkan blog sebagai media alternatif pembelajaran dapat
tersampaikan dengan jelas dan menarik sehingga dapat menumbuhkan minat
belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI); 2) pemanfaatan blog sebagai media
pembelajaran alternatif pada materi daulah Mughal di India dapat bermanfaat
dengan baik. penyampaian materi Daulah Mughal di India lebih jelas dan
menarik dan meningkatkan kualitas pembelajaran pada pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI); 3) pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran
alternatif pada materi daulah Mughal di india dapat dimanfaatkan dengan
baik, proses penyampaian materi Daulah Syafawi di Persia tersampaikan
dengan jelas dan menarik, dan proses belajar mengajar lebih interaktif
sehingga tidak ada peserta didik yang tidur saat pelajaran berlangsung.
Media blog efektif digunakan sebagai media pembelajaran alternatif
di sekolah karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Nilai rata-rata peserta didik
sesudah memanfaatkan media blog mengalami peningkatan sebesar 32,88%.