PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA SISWA KELAS XI DI MAN 3 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.author Rosanti, Rosanti
dc.date.accessioned 2023-07-24T02:40:07Z
dc.date.available 2023-07-24T02:40:07Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3428
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran alternatif materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada siswa kelas XI di MAN 3 Pontianak; 2) mendeskripsikan pemanfaatan blog sebagai media alternatif pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada materi Daulah Mughal di India di MAN 3 Pontianak; 3) Mendeskripsikan pemanfaatan blog sebagai media alternatif pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada materi Daulah Syafawi di Persia di MAN 3 Pontianak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-eksperimen. Desain penelitian one group pretest posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dokumentasi Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder, yaitu: 1) sumber data primer peserta didik kelas XI MIPA dan guru Sejarah kebuayaan Islam (SKI); 2) Sumber data sekunder yaitu blogspot.com, RPP, materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) penyampaian materi Daulah Usmani di Turki dengan memanfaatkan blog sebagai media alternatif pembelajaran dapat tersampaikan dengan jelas dan menarik sehingga dapat menumbuhkan minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI); 2) pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran alternatif pada materi daulah Mughal di India dapat bermanfaat dengan baik. penyampaian materi Daulah Mughal di India lebih jelas dan menarik dan meningkatkan kualitas pembelajaran pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI); 3) pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran alternatif pada materi daulah Mughal di india dapat dimanfaatkan dengan baik, proses penyampaian materi Daulah Syafawi di Persia tersampaikan dengan jelas dan menarik, dan proses belajar mengajar lebih interaktif sehingga tidak ada peserta didik yang tidur saat pelajaran berlangsung. Media blog efektif digunakan sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Nilai rata-rata peserta didik sesudah memanfaatkan media blog mengalami peningkatan sebesar 32,88%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Blog en_US
dc.subject Sejarah Kebudayaan Islam en_US
dc.title PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA SISWA KELAS XI DI MAN 3 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account