Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: 1) Soft skill Guru
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 06 Pontianak. 2) Hasil Belajar
Peserta Didik kelas VII dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMP Negeri 06 Pontianak. 3) Pengaruh Soft Skill Guru Pendidikan Agama
Islam terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII dalam Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 06 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Adapun metode
penelitian ini adalah studi hubungan (studi korelasional). Adapun jenis
hubungan yang diteliti adalah hubungan searah atau directional (studi
pengaruh). Dalam penelitian yang mempelajari pengaruh maka terdapat dua
variabel yaitu variabel bebas (X) untuk soft skill guru dan variabel terikat (Y)
untuk hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah 159 siswa yang
beragama islam dan mendapatkan sampelnya sebanyak 114 siswa kelas VII.
Waktu penelitian ini dilaksanakan mulai saat pengajuan judul pada 09 juli
2022 hingga sampai sidang skripsi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan adalah
di SMP Negeri 06 Pontianak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
adalah berikut: 1) komunikasi tidak langsung berupa alatnya angket tertutup.
2) Tes, tes yang digunakan adalah tes tertulis soal pilihan ganda, tes perbuatan
membaca Al-Quran dan tes perbuatan hafalan ayat. 3) Observasi dengan
menggunkan alat berupa lembar observasi dan 4) Studi dokumen dengan alat
berupa kamera HP. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini, sebagai
berikut: 1) Analisis instrumen. 2) Statistik deskriptif. 3) Statistik inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disumpulkan bahwa 1) soft skill guru
Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 06 Pontianak bernilai
dengan rata-rata 83,80 dikategorikan sangat baik. 2) Hasil belajar siswa kelas
VII di SMP Negeri 06 Pontianak bernilai dengan rata-rata dari persentase
58% dikategorikan cukup. 3) Dari hasil analisis uji t didapatkan nilai 1,944
yang > dari nilai tabel t yaitu 1,65857 dengan demikian Ha diterima yang
artinya terdapat pengaruh soft skill guru PAI terhadap hasil belajar peserta
didik kelas VII di SMP Negeri 06 Pontianak.