PENGARUH SOFT SKILL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 06 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Saradi, Retno
dc.date.accessioned 2023-07-24T02:25:56Z
dc.date.available 2023-07-24T02:25:56Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3426
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: 1) Soft skill Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 06 Pontianak. 2) Hasil Belajar Peserta Didik kelas VII dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 06 Pontianak. 3) Pengaruh Soft Skill Guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 06 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Adapun metode penelitian ini adalah studi hubungan (studi korelasional). Adapun jenis hubungan yang diteliti adalah hubungan searah atau directional (studi pengaruh). Dalam penelitian yang mempelajari pengaruh maka terdapat dua variabel yaitu variabel bebas (X) untuk soft skill guru dan variabel terikat (Y) untuk hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah 159 siswa yang beragama islam dan mendapatkan sampelnya sebanyak 114 siswa kelas VII. Waktu penelitian ini dilaksanakan mulai saat pengajuan judul pada 09 juli 2022 hingga sampai sidang skripsi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan adalah di SMP Negeri 06 Pontianak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah berikut: 1) komunikasi tidak langsung berupa alatnya angket tertutup. 2) Tes, tes yang digunakan adalah tes tertulis soal pilihan ganda, tes perbuatan membaca Al-Quran dan tes perbuatan hafalan ayat. 3) Observasi dengan menggunkan alat berupa lembar observasi dan 4) Studi dokumen dengan alat berupa kamera HP. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini, sebagai berikut: 1) Analisis instrumen. 2) Statistik deskriptif. 3) Statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat disumpulkan bahwa 1) soft skill guru Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 06 Pontianak bernilai dengan rata-rata 83,80 dikategorikan sangat baik. 2) Hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 06 Pontianak bernilai dengan rata-rata dari persentase 58% dikategorikan cukup. 3) Dari hasil analisis uji t didapatkan nilai 1,944 yang > dari nilai tabel t yaitu 1,65857 dengan demikian Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh soft skill guru PAI terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 06 Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Soft Skill en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH SOFT SKILL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 06 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account