Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) langkah-langkah
pada Strategi Tipe Jigsaw pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VIII
MTsN 1 Pontianak; (2) hasil belajar setelah penerapan Strategi Tipe Jigsaw pada
mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VIII MTsN 1 Pontianak; (3) peningkatan
hasil belajar setelah menerapkan Strategi Tipe Jigsaw pada mata pelajaran AlQur’an Hadist di kelas VIII MTsN 1 Pontianak.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas
karena masalah yang di pecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas.
Sumber data penelitian ini terdiri dari siswa dan guru MTsN 1 Pontianak. Teknik
yang di gunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi menggunakan
lembar observasi, sedangkan tes menggunakan soal pilihan ganda, dan
dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya menggunakan mean dan
presentase untuk menghitung hasil belajar.
Berdasarkan pada hasil penelitian yang di lakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) langkah-langkah berjalan dengan baik tanpa kendala; 2)
Hasil belajar sebelum menggunakan strategi pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas
VIII MTsN 1 Pontianak, diperoleh nilai rata-rata 76,12 dengan presentase 27,5,
Pada siklus I di peroleh nilai rata-rata hasil belajar dari seluruh peserta adalah 80,12.
Jumlah peserta didik yang mendapatkan hasil belajar berdasarkan nilai rata-rata
yaitu 76,12 dengan presentase 85% atau 34 orang peserta didik, sedangkan peserta
didik yang masih belum tuntas atau mendapatkan nilai < 80 sebanyak 15% atau 6
orang; 3) Dari hasil pengolahan data dan perhitungan mean atau rata-rata dan
presentase menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik
sebelum menerapkan strategi pembelajaran Jigsaw sebesar 27,5% dengan rata-rata
76,12 dan setelah menerapkan strategi pembelajaran Jigsaw sebesar 85% dengan
rata-rata 80,12.