MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI STRATEGI TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI KELAS VIII MTSN 1 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022-2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Shahab, Nadya
dc.date.accessioned 2023-07-24T01:37:28Z
dc.date.available 2023-07-24T01:37:28Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3421
dc.description.abstract Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) langkah-langkah pada Strategi Tipe Jigsaw pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VIII MTsN 1 Pontianak; (2) hasil belajar setelah penerapan Strategi Tipe Jigsaw pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VIII MTsN 1 Pontianak; (3) peningkatan hasil belajar setelah menerapkan Strategi Tipe Jigsaw pada mata pelajaran AlQur’an Hadist di kelas VIII MTsN 1 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas karena masalah yang di pecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Sumber data penelitian ini terdiri dari siswa dan guru MTsN 1 Pontianak. Teknik yang di gunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi menggunakan lembar observasi, sedangkan tes menggunakan soal pilihan ganda, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya menggunakan mean dan presentase untuk menghitung hasil belajar. Berdasarkan pada hasil penelitian yang di lakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) langkah-langkah berjalan dengan baik tanpa kendala; 2) Hasil belajar sebelum menggunakan strategi pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas VIII MTsN 1 Pontianak, diperoleh nilai rata-rata 76,12 dengan presentase 27,5, Pada siklus I di peroleh nilai rata-rata hasil belajar dari seluruh peserta adalah 80,12. Jumlah peserta didik yang mendapatkan hasil belajar berdasarkan nilai rata-rata yaitu 76,12 dengan presentase 85% atau 34 orang peserta didik, sedangkan peserta didik yang masih belum tuntas atau mendapatkan nilai < 80 sebanyak 15% atau 6 orang; 3) Dari hasil pengolahan data dan perhitungan mean atau rata-rata dan presentase menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan strategi pembelajaran Jigsaw sebesar 27,5% dengan rata-rata 76,12 dan setelah menerapkan strategi pembelajaran Jigsaw sebesar 85% dengan rata-rata 80,12. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Tipe Jigsaw en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI STRATEGI TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI KELAS VIII MTSN 1 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022-2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account