Abstract:
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan
mendeskripsikan data tentang; 1) Bagaimana pemberian reward dalam
pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas V yang dilakukan guru Madrasah
Ibtidaiyah Imaduddin Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun Pelajaran
2021/2022, dan 2) Bagaimana pemberian punishment dalam pembelajaran AlQur’an Hadits di Kelas V yang dilakukan guru Madrasah Ibtidaiyah Imaduddin
Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun Pelajaran 2021/2022
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif serta
menerapkan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengambilan sampel sebagai
sumber data dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sample. Teknik
pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi non-partisipan,
wawancara mendalam atau in depth interview serta dokumentasi. Adapun analisis
data yang dipakai adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Setelah itu, untuk memeriksa
keabsahan data digunakan triangulasi data, member check dan bahan referensi.
Hasil dari analisis data, menunjukkan arah kesimpulan bahwa; 1) Jenis
reward dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V yang dilakukan guru
Madrasah Ibtidaiyah Imaduddin Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun
Pelajaran 2021/2022 terbagi menjadi 2 macam; Reward Verbal yang terbagi
menjadi Pujian, Sugesti dan Kalimat serta Reward Non-Verbal yang terbagi
menjadi Penguatan atau reinforcement, Penghormatan, serta Penghargaan.
Reward tersebut diberikan ketika peserta didik telah menunjukkan hasil baik atas
pekerjaannya maupun melakukan perbuatan yang positif. Tujuan pemberian
reward adalah; untuk mengapresiasi hasil pekerjaan peserta didik, memberikan
motivasi kepada peserta didik, menimbulkan rasa bangga kepada peserta didik. 2)
Jenis punishment dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V yang
dilakukan guru Madrasah Ibtidaiyah Imaduddin Sungai Raya Kabupaten Kubu
Raya Tahun Pelajaran 2021/2022 terbagi menjadi 2 macam; Punishment Preventif
yang terdiri dari Tata tertib, Anjuran/Perintah, Larangan, serta Disiplin., dan juga
Punishment Represif yang terdiri dari, Pemberitahuan, Teguran, Peringatan, dan
Hukuman. Pada punishment preventif diberikan ketika sebelum peserta didik
melakukan perbuatan yang tidak baik atau melanggar peraturan. Sedangkan
punishment represif diberikan ketika peserta didik telah melakukan kesalahan atau
perbuatan yang tidak baik. Tujuan pemberian punishment adalah; memberi
teladan atau contoh, memunculkan rasa tanggung jawab, tidak mengulangi
perbuatan yang sama