PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH IMADUDDIN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Martin, Martin
dc.contributor.author Ilham, Muhammad
dc.date.accessioned 2023-07-24T01:14:13Z
dc.date.available 2023-07-24T01:14:13Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3419
dc.description.abstract Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan mendeskripsikan data tentang; 1) Bagaimana pemberian reward dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas V yang dilakukan guru Madrasah Ibtidaiyah Imaduddin Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun Pelajaran 2021/2022, dan 2) Bagaimana pemberian punishment dalam pembelajaran AlQur’an Hadits di Kelas V yang dilakukan guru Madrasah Ibtidaiyah Imaduddin Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun Pelajaran 2021/2022 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif serta menerapkan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengambilan sampel sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi non-partisipan, wawancara mendalam atau in depth interview serta dokumentasi. Adapun analisis data yang dipakai adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Setelah itu, untuk memeriksa keabsahan data digunakan triangulasi data, member check dan bahan referensi. Hasil dari analisis data, menunjukkan arah kesimpulan bahwa; 1) Jenis reward dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V yang dilakukan guru Madrasah Ibtidaiyah Imaduddin Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun Pelajaran 2021/2022 terbagi menjadi 2 macam; Reward Verbal yang terbagi menjadi Pujian, Sugesti dan Kalimat serta Reward Non-Verbal yang terbagi menjadi Penguatan atau reinforcement, Penghormatan, serta Penghargaan. Reward tersebut diberikan ketika peserta didik telah menunjukkan hasil baik atas pekerjaannya maupun melakukan perbuatan yang positif. Tujuan pemberian reward adalah; untuk mengapresiasi hasil pekerjaan peserta didik, memberikan motivasi kepada peserta didik, menimbulkan rasa bangga kepada peserta didik. 2) Jenis punishment dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V yang dilakukan guru Madrasah Ibtidaiyah Imaduddin Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun Pelajaran 2021/2022 terbagi menjadi 2 macam; Punishment Preventif yang terdiri dari Tata tertib, Anjuran/Perintah, Larangan, serta Disiplin., dan juga Punishment Represif yang terdiri dari, Pemberitahuan, Teguran, Peringatan, dan Hukuman. Pada punishment preventif diberikan ketika sebelum peserta didik melakukan perbuatan yang tidak baik atau melanggar peraturan. Sedangkan punishment represif diberikan ketika peserta didik telah melakukan kesalahan atau perbuatan yang tidak baik. Tujuan pemberian punishment adalah; memberi teladan atau contoh, memunculkan rasa tanggung jawab, tidak mengulangi perbuatan yang sama en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pemberian en_US
dc.subject Reward en_US
dc.subject Punishment en_US
dc.subject Al-Qur’an Hadits en_US
dc.title PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH IMADUDDIN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account