Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyak penyampaian materi ajar
di dalam kelas yang dilakukan oleh guru-guru dalam bentuk pembelajaran yang
sederhana (klasik), serta dalam hal menjelaskan sangat jarang menggunakan
strategi pembelajaran aktif seperti menggunakan metode ceramah, sehingga peserta
didik jenuh mendengarkan penjelasan dari guru tersebut, bahkan ada beberapa
peserta didik tidur dan tidak mendengarkan disaat pembelajaran berlangsung dan
dalam tahap menanya itu peserta didik belum maksimal dilaksanakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimanakah penerapan
pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Anjongan pada
Aspek Mengamati (2) Bagaimanakah penerapan pendekatan saintifik pada
pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Anjongan pada Aspek Menanya (3)
Bagaimanakah penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di SMA
Negeri 1 Anjongan pada Aspek Menalar (4) Bagaimanakah penerapan pendekatan
saintifik pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Anjongan pada Aspek Mencoba
(5) Bagaimanakah penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di SMA
Negeri 1 Anjongan pada Aspek Mengkomunikasikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah
waka kurikulum, guru, dan siswa SMA Negeri 1 Anjongan Kabupaten Mempawah.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara
mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui proses pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) Pada kegiatan mengamati guru
mempersiapkan materi yang akan diajarkan (2) Dalam kegiatan menanya guru
memberikan motivasi agar siswa mau bertanya tentang materi yang telah
disampaikan (3) Pada saat kegiatan menalar guru mengajak peserta didik untuk
berpikir secara luas lagi dan menggali informasi yang lainnya tentang materi yang
disampaikan (4) Pada kegiatan mencoba, guru meminta siswa untuk mencoba
mengekspresikan materi yang telah disampaikan (5) Pada kegiatan
mengkomunikasikan guru mengajak siswa untuk menyimpulkan pembelajaran
yang telah disampaikan guru.