Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya faktor yang mempengaruhi
pembelajaran di kelas, antara lain: Guru sebagai peran utama pada proses
pembelajaran akidah ibadah pada materi munakahat (pernikahan) sehingga
membuat peserta kurang aktif dalam pembelajaran dan menyebabkan kurangnya
hasil belajar siswa dalam mencapai KKM. Oleh karena itu tujuan penelitian ini
untuk mendeskripsikan, 1) Penerapan metode Drill and Practice pada mata
pelajaran akidah ibadah materi munakahat, 2) Hasil belajar siswa pada
pembelajaran akidah ibadah di kelas XII IPA SMA Muhammadiyah 1 Pontianak,
dan 3) Besar pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode Drill and Practice
terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII IPA SMA Muhammadiyah 1
Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya
ekperimen dengan desain Pre-test Post-Test With Control Group. adapun lokasi
penelitian yaitu di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Alat pengumpulan data yang
digunakan adalah lembar observasi dan test (pre-test dan post-test) dan wawancara.
Serta pengolahan data menggunakan aplikasi software SPSS tipe 25 dengan analisis
deskriptif dan analisis regresi.
Berdasarkan uji analisis Deskriptif Statistic dan uji analisis regresi dengan
menggunakan SPSS tipe 25 diperoleh hasil yaitu: 1) Penerapan metode Drill and
Practice pada mata pelajaran akidah ibadah termasuk dalam kategori sangat baik
karena memiliki nilai rata rata sebesar 100 artinya langkah-langkah metode Drill
and Practice telah diterapkan secara sistematis. 2) Hasil belajar siswa dengan
metode konvensional tahap pre-test sebesar 69,94 dan post-test sebesar 71,16.
Sedangkan pada metode Drill and Practice diperoleh nilai rata-rata pada tahap pretest sebesar 56,50 dan tahap posttest sebesar 79,84. 3) Hasil uji regresi Determinasi
Model Summary (besar pengaruh) diperoleh nilai Fhitung sebesar 10.408 > nilai
dengan signifikansi = 003 dan nilai R Square sebesar 51,2 maka keputusan hipotesis
Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode Drill
and Practice terhadap hasil belajar siswa di kelas XII IPA SMA Muhammadiyah 1
Pontianak dan besar pengaruh 51,2% (termasuk dalam kategori interpretasi nilai r
(berpengaruh tingkat sedang) sedangkan 48,2% dipengaruhi oleh faktor lain.