PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL AND PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH IBADAH DI SMAMSA 1 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author Azizah, Mala
dc.date.accessioned 2023-07-21T02:26:48Z
dc.date.available 2023-07-21T02:26:48Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3413
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya faktor yang mempengaruhi pembelajaran di kelas, antara lain: Guru sebagai peran utama pada proses pembelajaran akidah ibadah pada materi munakahat (pernikahan) sehingga membuat peserta kurang aktif dalam pembelajaran dan menyebabkan kurangnya hasil belajar siswa dalam mencapai KKM. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, 1) Penerapan metode Drill and Practice pada mata pelajaran akidah ibadah materi munakahat, 2) Hasil belajar siswa pada pembelajaran akidah ibadah di kelas XII IPA SMA Muhammadiyah 1 Pontianak, dan 3) Besar pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode Drill and Practice terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII IPA SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya ekperimen dengan desain Pre-test Post-Test With Control Group. adapun lokasi penelitian yaitu di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan test (pre-test dan post-test) dan wawancara. Serta pengolahan data menggunakan aplikasi software SPSS tipe 25 dengan analisis deskriptif dan analisis regresi. Berdasarkan uji analisis Deskriptif Statistic dan uji analisis regresi dengan menggunakan SPSS tipe 25 diperoleh hasil yaitu: 1) Penerapan metode Drill and Practice pada mata pelajaran akidah ibadah termasuk dalam kategori sangat baik karena memiliki nilai rata rata sebesar 100 artinya langkah-langkah metode Drill and Practice telah diterapkan secara sistematis. 2) Hasil belajar siswa dengan metode konvensional tahap pre-test sebesar 69,94 dan post-test sebesar 71,16. Sedangkan pada metode Drill and Practice diperoleh nilai rata-rata pada tahap pretest sebesar 56,50 dan tahap posttest sebesar 79,84. 3) Hasil uji regresi Determinasi Model Summary (besar pengaruh) diperoleh nilai Fhitung sebesar 10.408 > nilai dengan signifikansi = 003 dan nilai R Square sebesar 51,2 maka keputusan hipotesis Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode Drill and Practice terhadap hasil belajar siswa di kelas XII IPA SMA Muhammadiyah 1 Pontianak dan besar pengaruh 51,2% (termasuk dalam kategori interpretasi nilai r (berpengaruh tingkat sedang) sedangkan 48,2% dipengaruhi oleh faktor lain. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Drill and Practice en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Akidah Ibadah en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL AND PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH IBADAH DI SMAMSA 1 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account