Abstract:
Pembelajaran fiqih pada kelas X Agama Madrasah Aliyah Negeri 1
Pontianak, terdiri dari beberapa kegiatan, seperti kegiatan awal, kegiatan inti
dan kegiatan penutup. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan proses
pembelajaran yang dilakukan seorang guru dan murid dalam mata pelajaran
fiqih.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif
dengan metode deskriptif. untuk memperoleh data yang berhubungan dengan
fokus penelitian, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber data yang digunakan adalah
guru fiqih yang mengajar dikelas X Agama Madrasah Aliyah Negeri 1
Pontianak. Teknik analisis data yang digunakan adalah 1) Kondensasi Data
2) Penyajian Data 3) Menarik Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) proses kegiatan awal terdiri
dari, memberi salam, mengabsen siswa-siswinya, menyiapkan kondisi kelas
dan siswa-siswinya, menanyakan pelajaran yang sudah dilakukan pada
pertemuan sebelumnya, mengaitkannya dengan pelajaran yang akan
dipelajari sekarang. 2) proses kegiatan inti terdiri dari, guru menyampaikan
materi pembelajaran fiqih, guru menggunakan strategi dan metode
pembelajaran fiqih yang bervariasi salah satunya diskusi kelompok,
menggunakan media tambahan di materi tertentu seperti patung sebagai alat
peraga di materi pengurusan jenazah, serta menggunakan sumber
pembelajaran fiqih selain buku paket seperti handphone. 3) proses kegiatan
penutup terdiri dari, guru mengawali kegiatan penutupnya dengan
menanyakan kembali materi yang belum dipahami kemudian menyesuaikan
RPP.