Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya masalah yang berhubungan
dengan kurangnya kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekolah, dapat
berpengaruh terhadap peserta didik. SMA Muhammadiyah 1 Pontianak melaksanakan
program Adiwiyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Konsep
program Adiwiyata dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan peserta didik di
SMA Muhammadiyah 1 Pontianak; (2) Pelaksanaan program Adiwiyata dalam
membentuk karakter peduli lingkungan peserta didik di SMA Muhammadiyah 1
Pontianak; (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karkater peduli
lingkungan peserta didik melalui program Adiwiyata.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisis data menggunkan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa; 1)
konsep program Adiwiyata dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan peserta
didik di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak berupa konsep edukatif yaitu bersifat
mendidik, konsep partisipatif yang melibatkan seluruh warga sekolah, dan konsep
berkelanjutan dialaksanakan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang.
2) pelaksanaan program Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan
peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak yaitu dengan kebijakan
berwawasan lingkungan yang terdapat dalam visi dan misinya, pelaksanaan
kurikulum berbasis lingkungan menggunakan Kurikulum 2013 dengan lebih
mendalam membahas tentang lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif
yaitu kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam setiap harinya yaitu, jumat bersih,
memperingati kegiatan hari-hari besar yang berkaitan dengan lingkungan,
pengelolaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan yaitu tersedianya air
bersih, penyediaan tempat sampah terpisah, ruang terbuka hijau dan adanya budaya
kantin sehat. 3) Faktor pendukung dalam membentuk karkater peduli lingkungan
peserta didik melalui program Adiwiyata adalah dukungan dan kerjasama sumber
daya manusia, sarana dan prasarana, dan komitmen yang tinggi. Sedangkan faktor
penghambat dalam membentuk karkater peduli lingkungan peserta didik melalui
program Adiwiyata dukungan dari warga sekolah belum optimal.