IMPLEMENTASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER ADIWIYATA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Rahmawati, Deny
dc.date.accessioned 2023-07-18T01:55:08Z
dc.date.available 2023-07-18T01:55:08Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3404
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya masalah yang berhubungan dengan kurangnya kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekolah, dapat berpengaruh terhadap peserta didik. SMA Muhammadiyah 1 Pontianak melaksanakan program Adiwiyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Konsep program Adiwiyata dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak; (2) Pelaksanaan program Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak; (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karkater peduli lingkungan peserta didik melalui program Adiwiyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa; 1) konsep program Adiwiyata dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak berupa konsep edukatif yaitu bersifat mendidik, konsep partisipatif yang melibatkan seluruh warga sekolah, dan konsep berkelanjutan dialaksanakan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang. 2) pelaksanaan program Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak yaitu dengan kebijakan berwawasan lingkungan yang terdapat dalam visi dan misinya, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan menggunakan Kurikulum 2013 dengan lebih mendalam membahas tentang lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif yaitu kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam setiap harinya yaitu, jumat bersih, memperingati kegiatan hari-hari besar yang berkaitan dengan lingkungan, pengelolaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan yaitu tersedianya air bersih, penyediaan tempat sampah terpisah, ruang terbuka hijau dan adanya budaya kantin sehat. 3) Faktor pendukung dalam membentuk karkater peduli lingkungan peserta didik melalui program Adiwiyata adalah dukungan dan kerjasama sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan komitmen yang tinggi. Sedangkan faktor penghambat dalam membentuk karkater peduli lingkungan peserta didik melalui program Adiwiyata dukungan dari warga sekolah belum optimal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Karakter Peduli Lingkungan en_US
dc.subject Program Adiwiyata en_US
dc.title IMPLEMENTASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER ADIWIYATA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account