Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang mengalami
penurunan dalam motivasi belajar di dalam kelas. Minimnya respon dari siswa
ketika guru mengajukan pertanyaan, serta strategi dan metode pembelajaran yang
dipakai dari tema ke tema selalu sama. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah
untuk menganalisis 1) kompetensi pedagogik guru SKI, 2) menganalisis motivasi
belajar siswa di MTs. Al – Iqdam Desa Merapi, 3) menganalisis bagaimana
pengaruh kompetensi pedagogik guru SKI terhadap motivasi belajar siswa di MTs.
Al – Iqdam Desa Merapi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan
menggunakan pendekatan kolerasional. Lokasi penelitiannya adalah di MTs. Al –
Iqdam Desa Merapi Kecamatan Sekadau Hilir dengan sumber datanya adalah
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan
dokumentasi. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan analisis
prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogentias lalu diuji akhir dengan regresi
linier sederhana
Kesimpulan penelitian ini secara umum ialah terdapat pengaruh yang
signifikan antara kompetensi pedagogik guru SKI terhadap Motivasi belajar siswa
di MTs. Al – Iqdam Desa Merapi Kecamatan Sekadau Hilir. Kompetensi pedagogik
guru SKI di MTs. Al – Iqdam Desa Merapi masuk ke dalam katagori sedang dengan
nilai persentase sebesar 70%. Lalu motivasi belajar siswa masuk ke dalam katagori
sedang dengan nilai persentase sebesar 66,66%. Dari hasil uji regresi linier
sederhana diperoleh thitung ( 3.230 ) > ttabel ( 2,042 ) dan nilai signifikansi ( 0,03 ) <a
(0,05 ), besarnya konstribusi komptensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar
siswa di MTs. Al – Iqdam Desa Merapi, dapat dilihat dari tabel uji regresi linier
sederhana koefesien regresi X sebesar 0,658 ini menunjukkan setiap kenaikan 1%
untuk kompetensi pedagogik guru SKI akan menyebabkan peningkatan motivasi
belajar siswa sebesar 0,658.