Abstract:
Manajemen dikatakan berjalan dengan baik jika terdapat penerapan
fungsi manajemen yaitu: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan
pengawasan, Pondok Tahfidz Ashqaf 7 At-Taqwa Sajadah Fajar Landak
memilik program tahfidz dengan kurun waktu 1 tahun 8 bulan 12 hari.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1)bagaimana
perencanaan program tahfidzul qur’an di Pondok Tahfidz Ashqaf 7 AtTaqwa Sajadah Fajar.; 2)pengembangan program tahfidzul qur’an di
Pondok Tahfidz Ashqaf 7 At-Taqwa Sajadah Fajar.; 3)pelaksanaan program
tahfidzul qur’an di Pondok Tahfidz Ashqaf 7 At-Taqwa Sajadah Fajar.;4)
evaluasi program tahfidzul qur’an di Pondok Tahfidz Ashqaf 7 At-Taqwa
Sajadah Fajar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. sumber data
penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) sumber
primer pengasuh pondok pesantren, ustaz/ustadzah dan pengurus pondok
tahfidz melalui wawancara serta observasi langsung kelapangan yang
dilakukan oleh peneliti. 2) data sekunder merupakan data yang diperoleh
secara tidak langsung dari objek yang diteliti yang bersifat umum, yang
terdiri dari dokumen, laporan, majalah, brosur, dan buku-buku yang ada di
Pondok Tahfidz asqaf sajadah fajar landak seperti struktur organisasi serta
data pencapaian hasil hafalan santri. teknik yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi.
Sedangkan untuk menganalisis data tersebut peneliti menggunakan analisis
data reduction, data display, conclusiondrawing. Kemudian pengujian
keabsahan data menggunakan tiga teknik yaitu: perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamat, triangulasi sumber.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, peneliti menyimpulkan: 1)
kurangnya fasilitas sekolah formal bagi santri yang menetap pada Pondok
Tahfidz asqaf sajadah fajar landak, sehingga santri masih bersekolah diluar
dan berpengaruh besar bagi hafalan santri. 2) Kurangnya sumber daya
manusia, sehingga tidak efektiv dalam pelaksanaan kepengurusan. 3) terjadi
komunikasi yang baik antara pengurus, ustaz/ustadzah dan santri Pondok
tahfidz asqaf 7 At-Taqwa sajadah fajar landak. 4) pada fungsi evaluasi
terjadi kurang tertibnya dalam pelaksanaan hafalan yaitu santri yang belum
lancar hafalannya sebelumnya tetapi tetap menambah hafalannya.