Abstract:
Berangkat dari kecemasan akan bergesernya karakter mulia di
kalangan generasi muda serta kekhawatiran akan perilaku peserta didik yang
tidak sesuai dengan tujuan mulia dari pendidikan, prilaku seperti kurang nya
kejujuran, sopan santun, dan juga kurangnya waktu dalam proses
pembelajaran Pendidikan agama Islam di sekolah, memberikan dorongan
untuk mengetahui bagaimana corak pendidikan karakter dalam mata
pelajaran pendidikan agama Islam menurut Rianawati , melalui hasil karya
ilmiah Rianawati.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian biografi dan telaah pustaka,
dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti dokumentasi dan
penelusuran kepustakaan. Kemudian setelah data terkumpul maka dilakukan
analisis data dengan metode reduksi data, penyajian data dan kesimpulan
atau verifikasi.
Adapun hasil dalam penelitian ini ialah: pertama, Konsep
pendidikan karakter dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menurut
Rianawati yaitu, karakter identik dengan akhlak, semua nilai yang terdapat
dalam pendidikan karakter ialah nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang
bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits, sehingga pendidikan karakter
memang seharusnya terintregrasi pada setiap proses pembelajaran dalam
mata pelajaran PAI; kedua, diketahui desain pendidikan karakter dalam
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menurut Rianawati yaitu,
mengidentifikasi jenis-jenis karakter yang dapat merealisasikan pendidikan
karakter, kemudian mengembangkan materi berbasis pendidikan karakter;
ketiga, dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu setiap nilai dari Pendidikan
karakter di integrasikan kedalam langkah-langkah pada setiap proses
pembelajaran yang meliputi awal, inti dan penutup.