Abstract:
Peneliti ini dilatarbelakangi dari hasil observasi, peneliti menemukan
bahwa: peserta didik susah dalam membaca Al-qur’annya seperti kesulitan dalam
melafalkan makharijul huruf atau tidak tahu dalam membaca Al-qur’an, tidak tau
panjang dan pendeknya, tadwidnya serta susanya menggabungkan bacaan Alqur’an.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Langkah-langkah
Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam
membaca Al-qur’an pada kelas V11 di SMP Negeri 04 Pulau Maya. 2) Faktor
Pendukung Guru Pendidikan Agama Islam mengatasi kesulitan peserta didik
dalam membaca Al-qur’an pada kelas VII di SMP Negeri 04 Pulau Maya. 3)
Faktorpenghambat Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi
Kesulitan Peserta Didik Dalam Membaca Al-qur’an Pada Kelas VII Di SMP
Negeri 04 Pulau Maya.
Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data,
display data Penarikan kesimpulan dan Verifikasi. Sedangkan Teknik uji
pengabsahan data yang digunakan adalah: triangulasi, dan member chek.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Langkah-langkah Guru
Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam
membaca Al-qur’an pada kelas V11 di SMP Negeri 04 Pulau Maya dilakukan
dengan cara: memberikan motivasi kepada peserta didik agar selalu membaca Alqur’an dirumah, membiasakan, Memberikan waktu untuk membaca Al-qur’an
dikelas bersama-sama sebagai bentuk pembiasaan, Memberikan penguatan 4
metode yang mudah untuk peserta didik membaca Al-qur’an dengan benar,
Menambah waktu diluar jam pelajaran untuk membaca Al-qur’an, Membimbing
peserta didik dalam membaca Al-qur’an, memberikan tamabahan hafalan surah
pendek. 2) Faktor Pendukung Guru Pendidikan Agama Islam mengatasi kesulitan
peserta didik dalam membaca Al-qur’an pada kelas VII di SMP Negeri 04 Pulau
Maya dilakukan dengan cara: dengan sarana dan prasarana yang memadai,
terdapat peserta didik yang pintar dalam pelajaran. 3) Faktor Penghambat Bagi
Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan peserta didik membaca
Al-qur’an pada kelas VII di SMP Negeri 04 Pulau Maya ialah: lingkungan
keluarga, lingkungan masyarakat, dan teman sebaya.