UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN PESERTA DIDIK MEMBACA ALQUR’AN PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 04 PULAU MAYA TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Andrean, Ande
dc.date.accessioned 2023-07-17T06:10:34Z
dc.date.available 2023-07-17T06:10:34Z
dc.date.issued 2023-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3392
dc.description.abstract Peneliti ini dilatarbelakangi dari hasil observasi, peneliti menemukan bahwa: peserta didik susah dalam membaca Al-qur’annya seperti kesulitan dalam melafalkan makharijul huruf atau tidak tahu dalam membaca Al-qur’an, tidak tau panjang dan pendeknya, tadwidnya serta susanya menggabungkan bacaan Alqur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Langkah-langkah Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Al-qur’an pada kelas V11 di SMP Negeri 04 Pulau Maya. 2) Faktor Pendukung Guru Pendidikan Agama Islam mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Al-qur’an pada kelas VII di SMP Negeri 04 Pulau Maya. 3) Faktorpenghambat Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Dalam Membaca Al-qur’an Pada Kelas VII Di SMP Negeri 04 Pulau Maya. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, display data Penarikan kesimpulan dan Verifikasi. Sedangkan Teknik uji pengabsahan data yang digunakan adalah: triangulasi, dan member chek. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Langkah-langkah Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Al-qur’an pada kelas V11 di SMP Negeri 04 Pulau Maya dilakukan dengan cara: memberikan motivasi kepada peserta didik agar selalu membaca Alqur’an dirumah, membiasakan, Memberikan waktu untuk membaca Al-qur’an dikelas bersama-sama sebagai bentuk pembiasaan, Memberikan penguatan 4 metode yang mudah untuk peserta didik membaca Al-qur’an dengan benar, Menambah waktu diluar jam pelajaran untuk membaca Al-qur’an, Membimbing peserta didik dalam membaca Al-qur’an, memberikan tamabahan hafalan surah pendek. 2) Faktor Pendukung Guru Pendidikan Agama Islam mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Al-qur’an pada kelas VII di SMP Negeri 04 Pulau Maya dilakukan dengan cara: dengan sarana dan prasarana yang memadai, terdapat peserta didik yang pintar dalam pelajaran. 3) Faktor Penghambat Bagi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan peserta didik membaca Al-qur’an pada kelas VII di SMP Negeri 04 Pulau Maya ialah: lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan teman sebaya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Upaya Guru Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN PESERTA DIDIK MEMBACA ALQUR’AN PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 04 PULAU MAYA TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account