Abstract:
Loyalitas konsumen merupakan kebutuhan mutlak bagi pelaku bisnis untuk
menjamin kelangsungan hidupnya, karena loyalitas konsumen merupakan
pencapaian tertinggi bagi pelaku usaha. Memperoleh konsumen yang loyal dapat
menciptakan peluang besar bagi perusahaan untuk memperluas jaringan
pemasarannya dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kepercayaan dan
kepuasan terhadap loyalitas konsumen.
Penelitian ini yaitu penelitian survei. Populasi yang dipakai 100 responden yang
dilakukan dengan teknik non probability. Adapun metode yang dipakai yakni
metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Uji validitas instrumen
menggunakan Product Moment Pearson Correlation dan uji reliabilitas memakai
Alpha Cronbach. Analisis yang dipakai yakni analisis jalur Regresi Berganda, uji
hipotesis menggunakan koefisien ketetapan model atau determinasi (R2) penguji
secara parsial (uji t) dan simultan (uji f). Data yang dilakukan penelitian ini yakni
data primer yang diambil menggunakan kuesioner. Data diolah menggunakan
bantuan program SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) variabel kualitas layanan
berpengaruh secara signifikan sebesar 0,003 terhadap loyalitas konsumen, 2)
kepercayaan tidak berpengaruh secara signifikan sebesar 0,623 terhadap loyalitas
konsumen, 3) kepuasan berpengaruh secara signifikan sebesar 0,000 terhadap
loyalitas konsumen, 4) kualitas layanan, kepercayaan, dan kepuasan berpengaruh
secara signifikan sebesar 0,000 terhadap loyalitas konsumen.