Abstract:
Hubungan Masyarakat (HUMAS) atau Public Relations merupakan
suatu unit penting dalam sebuah organisasi yang memiliki peran cukup
besar dalam membangun serta meningkatkan sebuah citra positif bagi suatu
organisasi. Berbagai peran yang dimainkan oleh Humas di berbagai sektor
yang ada dalam lingkup organisasi baik skala kecil maupun besar
menjadikan bagan ini sebagai sebuah ujung tombak dalam memainkan
peran pada manajemen-manajemen tertentu yang terbilang strategis.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang
menggunakan bahasa atau narasi dengan metode penelitian lapangan (Field
Research) serta pendekatan yang digunakan ialah analisis deskriptif yang
memaparkan serta membahas secara mendalam dan objektif dengan data
yang diperoleh secara fakta dilapangan terkait mengenai Peran teknis dan
strategis Humas IAIN Pontianak Dalam Meningkatkan Citra Positif.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Peran Hubungan
Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Pontianak Dalam Meningkatkan
Citra Positif hanya bisa berada dalam tataran teknis hal tersebut di dasari
oleh aturan Organisasi dan Tata Kerja (ORTAKER) Institut Agama Islam
Negeri Pontianak nomor 94 Tahun 2013 di pasal 39 huruf b dan di pertegas
lagi dengan pasal 40 yang menyebutkan tiga tugas fungsi utama dari Humas
yaitu dokumentasi, publikasi, dan kehumasan serta yang di perkuat dengan
Surat Keputusan Rektor Nomor 19 Tahun 2022 dan Surat Keputusan Rektor
Nomor 26 Tahun 2022.
Humas IAIN Pontianak dalam penelitian ini dinyatakan hanya bisa
menjalankan fungsi sebagai Teknisi Komunikasi (Communication
Technician) yang mana Humas hanya melaksanakan tugas sebagai
pengelolaan media sosial beserta kepenulisan berita dan menciptakan karyakarya videografi, fotografi serta desain grafis untuk kebutuhan kampus
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dalam meningkatkan citra
positif.