Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan media sosial
instagram yang kini banyak digunakan oleh semua kalangan. Berkembangnya
media sosial instagram membuat siapapun dapat memanfaatkan untuk segala
aspek, salah satunya ialah bisnis. Dalam dunia bisnis, media sosial instagram
dijadikan sebagai media untuk membantu dalam mengembangkan bisnis
yang dijalankan. Salah satunya ialah bisnis roti gembul Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana bisnis
roti gembul Pontianak memanfaatkan media sosial instagram dalam
menjalankan bisnis. 2) Bagaimana strategi yang digunakan oleh bisnis roti
gembul Pontianak dalam melakukan pemasaran melalui media sosial
instagram.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data
yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan
data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan
penarikan data. Tahap terakhir pada penelitian ini ialah melakukan
pengecekan keabsahan data yang berupa triangulasi teknik dan member
check.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) Pemanfaatan media sosial instagram pada bisnis
roti gembul Pontianak ialah dengan menjadikan media sosial instagram
sebagai media komunikasi dan interaksi, media informasi, media edukasi,
media promosi, serta media klarifikasi. 2). Strategi pemasaran yang
digunakan oleh bisnis roti gembul Pontianak melalui media sosial instagram
adalah dengan menggunakan beberapa strategi. Yaitu: Penggunaan iklan ads
instagram, Menggunakan jasa influencer untuk melakukan endorsment,
Menggunakan promo bulanan yang berupa promo ceria, promo weekend
bersama gembul, promo tanggal kembar dan promo buy 1 get 1, Pengadaan
giveaway, games dan kuis, serta Pembuatan flayer dan Poster, dan yang
terakhir penggunaan fitur media sosial instagram seperti reels, feed instagram
dan insta story.