Abstract:
Tujuan Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah tentang penerapan strategi
penghafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfizh Manba’ul Hasanah Kecamatan
Pontianak Selatan Tahun 2021. Fokus penelitian yang akan diteliti dalam penelitian ini
adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di Pondok
Pesantren Tahfizh Manba’ul Hasanah Kecamatan Pontianak Selatan (2) Apa strategi
yang digunakan ustadz atau ustadzah dalam pengajaran penghafalan Al-Qur’an di
Pondok Pesantren Tahfizh Manba’ul Hasanah Kecamatan Pontianak Selatan.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri
dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber data primer pengasuh,
ustadzah, dan santri; 2) Sumber data sekunder adalah dari data yang dibutuhkan yaitu
berupa cetak atau online. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
beberapa kesimpulan terkait dengan rumusan masalah yang pertama, proses
pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfizh Manba’ul Hasanah
adalah dimulai pelaksanaan sholat malam, kemudian seluruh santriwati melaksanakan
sholat shubuh berjamaah, dzikir pagi bersama, menambah hafalan (ziyadah) dan
setoran hafalan. Kedua, ada beberapa penerapan strategi penghapalan Al-Qur’an yang
digunakan, antara lain: tahiyah, takhayyul, taskhin, tartil, tarkiz, tikrar, tarabuth.