PENGEMBANGAN APLIKASI BAHAN AJAR TEMATIK MULTIMODAL BERBASIS ANDROID MENUNJANG PEMBELAJARAN TATAP MUKA ( PTM) TERBATAS

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Mahrani, Mahrani
dc.contributor.author Ramadhanti, Tasya
dc.date.accessioned 2023-07-06T04:25:19Z
dc.date.available 2023-07-06T04:25:19Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3339
dc.description.abstract Pandemi Covid-19 menyadarkan kita untuk terus adaptif terhadap perubahan. Perubahan ini juga berdampak pada dunia pendidikan. Pembelajaran tatap muka beralih menjadi tatap muka terbatas. Hal ini berdampakpada pemahaman peserta didik yang tidak maksimal dalam proses pembelajaran. Skripsi ini bertujuan mendeskripsikan : (a) Proses Pengembangan aplikasi bahan ajar tematik multimodal Tema 4 kelas V berbasis android dalam menunjang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2022/2023, (b) Tingkat kelayakan aplikasi bahan ajar tematik multimodal Tema 4 kelas V berbasis android dalam menunjang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2022/2023, (c) Kepraktisan aplikasi bahan ajar tematik multimodal Tema 4 kelas V berbasis android dalam menunjang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D terdiri dari 4 tahap yaitu Define (penetapan), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Lokasi penelitiannya adalah di SDN 09 Pontianak Utara Jalan Parit Nenas, Siantan Hulu, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Pengambilan data dilakukan melalui lembar validasi, angket uji kepraktisan, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh yaitu: (a) Pengembangan dilakukan menggunakan aplikasi Flip PDF dan Website 2 APK Builder melalui tahap penemuan/ penetapan masalah, merancang produk, mengembangkan produk, serta melakukan diseminasi dengan cara terbatas terhadap guru kelas V di SDN 09 Pontianak Utara, (b) Berdasarkan hasil uji kelayakan diketahui bahwa produk bahan ajar multimodal mendapat persentase sebesar 99,48 % dan 96,42 % dari 100 % dengan kategori sangat layak, (c) Berdasarkan hasil uji kepraktisan diketahui bahwa produk bahan ajar multimodal mendapat persentase sebesar 98,80 % dan 98,80% dari 100 % dengan kategori sangat praktis.Saran Untuk peneliti, agar tampilan produk lebih fleksibel dan dapat digunakan pada semua jenis perangkat. Produk juga dapat dikombinasikan dengan bahan ajar lainnya. Untuk guru agar dapat memaksimalkan bahan ajar yang kreatif dalam menunjang penyampaian pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Bahan Ajar en_US
dc.subject Multimodal en_US
dc.subject Android en_US
dc.title PENGEMBANGAN APLIKASI BAHAN AJAR TEMATIK MULTIMODAL BERBASIS ANDROID MENUNJANG PEMBELAJARAN TATAP MUKA ( PTM) TERBATAS en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account