dc.description.abstract |
Pandemi Covid-19 menyadarkan kita untuk terus adaptif terhadap perubahan.
Perubahan ini juga berdampak pada dunia pendidikan. Pembelajaran tatap muka
beralih menjadi tatap muka terbatas. Hal ini berdampakpada pemahaman peserta
didik yang tidak maksimal dalam proses pembelajaran. Skripsi ini bertujuan
mendeskripsikan : (a) Proses Pengembangan aplikasi bahan ajar tematik multimodal
Tema 4 kelas V berbasis android dalam menunjang Pembelajaran Tatap Muka (PTM)
terbatas di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2022/2023, (b) Tingkat kelayakan
aplikasi bahan ajar tematik multimodal Tema 4 kelas V berbasis android dalam
menunjang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di SDN 09 Pontianak Utara
Tahun Ajaran 2022/2023, (c) Kepraktisan aplikasi bahan ajar tematik multimodal
Tema 4 kelas V berbasis android dalam menunjang Pembelajaran Tatap Muka
(PTM) terbatas di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D terdiri dari 4 tahap
yaitu Define (penetapan), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan
Disseminate (penyebarluasan). Lokasi penelitiannya adalah di SDN 09 Pontianak
Utara Jalan Parit Nenas, Siantan Hulu, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan
Barat. Pengambilan data dilakukan melalui lembar validasi, angket uji kepraktisan,
dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh yaitu: (a) Pengembangan dilakukan menggunakan
aplikasi Flip PDF dan Website 2 APK Builder melalui tahap penemuan/ penetapan
masalah, merancang produk, mengembangkan produk, serta melakukan diseminasi
dengan cara terbatas terhadap guru kelas V di SDN 09 Pontianak Utara, (b)
Berdasarkan hasil uji kelayakan diketahui bahwa produk bahan ajar multimodal
mendapat persentase sebesar 99,48 % dan 96,42 % dari 100 % dengan kategori sangat
layak, (c) Berdasarkan hasil uji kepraktisan diketahui bahwa produk bahan ajar
multimodal mendapat persentase sebesar 98,80 % dan 98,80% dari 100 % dengan
kategori sangat praktis.Saran Untuk peneliti, agar tampilan produk lebih fleksibel dan
dapat digunakan pada semua jenis perangkat. Produk juga dapat dikombinasikan
dengan bahan ajar lainnya. Untuk guru agar dapat memaksimalkan bahan ajar yang
kreatif dalam menunjang penyampaian pembelajaran. |
en_US |