dc.description.abstract |
Pandemi Covid-19 telah memengaruhi banyak aspek, salah satunya
di bidang pendidikan. WHO menyerukan untuk menghentikan pertemuan
yang memungkinkan orang banyak berkumpul, sehingga menjadi
pembelajaran daring atau pembelajaran dari rumah. Sekolah hendaknya
mampu merancang dan mempersiapkan proses pembelajaran sesuai
kebutuhan peserta didik yang tidak terlepas dari bahan ajar. Menyikapi
keadaan ini untuk mendukung PTM terbatas yaitu menggabungkan
beberapa solusi menjadi satu dalam sebuah aplikasi seperti bahan ajar
multimodal.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi bahan ajar dan
mendeskripsikan: (a) proses pengembangan aplikasi bahan ajar tematik
multimodal berbasis android kelas V tema 3 dalam menunjang PTM
terbatas tahun ajaran 2022/2023. (b) cara membuka aplikasi bahan ajar
tematik multimodal berbasis android kelas V tema 3 dalam menunjang
PTM terbatas tahun ajaran 2022/2023. (c), kelayakan aplikasi bahan ajar
tematik multimodal kelas V tema 3 berbasis android untuk menunjang PTM
terbatas tahun ajaran 2022/2023. (d) uji kepraktisan aplikasi bahan ajar
tematik multimodal berbasis android kelas V tema 3 dalam menunjang
PTM terbatas tahun ajaran 2022/2023.
Metode yang digunakan yaitu dengan 4-D model (Define, Design,
Develop, Disseminate). Pengumpulan data dilakukan dengan 2 tahap yaitu
tahap studi pendahuluan dan tahap pengembangan prototype.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (a) pengembangan dilakukan
menggunakan aplikasi Flip PDF dan Website 2 APK Builder melalui tahap
penemuan masalah, merancang produk, mengembangkan produk, serta
melakukan diseminasi produk secara terbatas terhadap guru kelas V di SDN
09 Pontianak Utara. (b) cara membuka aplikasi bahan ajar sesuai dengan
menu yang ada di aplikasi. (c) hasil uji kelayakan aplikasi bahan ajar
multimodal mendapat persentase masing-masing sebesar 99,48% dan
95,91% dengan kategori sangat layak. (d) hasil uji kepraktisan aplikasi
bahan ajar multimodal mendapat persentase sebesar 97,61 % dan 98,80 %
dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, bahan ajar multimodal
sangat layak digunakan oleh guru dalam menunjang pembelajaran. |
en_US |