dc.contributor.advisor |
Rianawati, Rianawati |
|
dc.contributor.advisor |
H, Maha Lastasa Buju Basafpipana |
|
dc.contributor.author |
Ardhy, Rizki |
|
dc.date.accessioned |
2023-07-06T03:29:45Z |
|
dc.date.available |
2023-07-06T03:29:45Z |
|
dc.date.issued |
2023-01 |
|
dc.identifier.uri |
https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3334 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dan
guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pembelajaran
tematik kelas IV MIN 2 Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
script, metode yang digunakan quasi eksperimen dengan rancangan “nonrandomized control group pretest-posstest design”. Sumber data penelitian ini
adalah populasi dan sampel. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas 4B berjumlah 44 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas 4C
berjumlah 43 sebagai kelas kontrol. Teknik dan alat pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi,
teknik pengukuran dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar tes (pre test dan
post test) dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil uji hipotesis atau uji-t pada skor pre test dan post test kelas
eksperimen yang telah dihitung menggunakan SPSS versi 16 bahwa didapatkan
nilai (sig) sebesar 0,000 < dari 0,05. Menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata
antar sampel penelitian, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat
pengaruh dari model pembelajaran kooperatif script pada pembelajaran tematik
tema 7 subtema 3 (indahnya persatuan dan kesatuan dinegeriku) kelas 4 di
madarasah ibtidaiyah negeri 2 Pontianak. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
IAIN Pontianak |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran Kooperatif script |
en_US |
dc.subject |
Hasil Belajar |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 7 SUBTEMA 3 DI KELAS 4 MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |