dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan:1) kemampuan
membaca permulaan dalam pembelajaran tematik tema 3 mata pelajaran Bahasa
Indonesia sebelum diterapkannya metode global berbantuan media kartu kata
bergambar. 2) langkah-langkah penerapan metode global berbantuan media
kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan
dalam pembelajaran tematik tema 3 mata pelajaran Bahasa Indonesia.3) untuk
menjelaskan kemampuan membaca permulaan dalam pembelajaran tematik
tema 3 mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapaknnya metode global
berbantuan media kartu kata bergambar pada peserta didik kelas I di SD Islam
Mathla’ul Anwar Sungai Pinyuh Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian
tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian adalah SD Islam Mathla’ul Anwar
Sungai Pinyuh. Analisis data menggunakan persentase dan indikator
keberhasilan.
Hasil penelitian ini:1) kemampuan membaca permulaan sebelum
diterapkannya metode global berbantuan media kartu kata bergambar belum
mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan persentase 52%. 2) langkahlangkah penerapan metode global berbantuan media kartu kata bergambar untuk
meningkatkam kemampuan membaca permulaan dalam pembelajaran tematik
tema 3 mata pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik pada siklus I dapat
terlaksana 87,5%, siklus II terlaksana 93,75%, siklus III terlaksana 93,75% dari
langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan. 3) kemampuan membaca
permulaan dalam pembelajaran tematik tema 3 mata pelajaran Bahasa Indonesia
setelah diterapkannya metode global berbantuan media kartu kata bergambar
pada peserta didik kelas I di SD Islam Mathla’ul Anwar Sungai Pinyuh tahun
ajaran 2022/2023 Pada siklus I 57%, siklus II 81%, siklus III 95%. Dengan
demikian hipotesis tindakan diterima. |
en_US |