PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA TEMA 5 SUBTEMA 1 DI KELAS V SDN 31 PONTIANAK TENGGARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Setyanigrum, Vidya
dc.contributor.author Astuti, Purwanti
dc.date.accessioned 2023-07-06T02:57:32Z
dc.date.available 2023-07-06T02:57:32Z
dc.date.issued 2022-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3332
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar pretest materi ekosistem. 2) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran team assisted individualization berbantuan media gambar. 3) Hasil belajar posttest materi ekosistem. 4) Pengaruh model pembelajaran team assisted individualization berbantuan media gambar. 5) Seberapa besar pengaruh hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran team assisted individualization berbantuan media gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah preexperimental dengan bentuk one group pretest posttest design. Lokasi penelitian di SDN 31 Pontianak Tenggara. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas V yang dipilih dengan teknik sampel total. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Alat nya berupa tes pilihan ganda, daftar checklist dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis instrumen dan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Hasil Belajar pretest materi ekosistem memperoleh nilai rata-rata sebesar 47,84 dengan kategori cukup. 2) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran team assisted individualization berbantuan media gambar berdasarkan hasil observasi diperoleh hasil 97,5 dengan kategori sangat tinggi. 3) Hasil belajar posttest materi ekosistem memperoleh nilai rata-rata 81,4 dengan kategori sangat tinggi. 4) Berdasarkan uji wilcoxson artinya terdapat pengaruh model pembelajaran team assisted Individualization berbantuan media gambar ditunjukan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak karena, nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,000<0,05. 5) Besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran team assisted individualization berbantuan media gambar terhadap hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari uji N-Gain score sebesar 0,7317 yang menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar dengan kategori tinggi. Berdasarkan kesimpulan peneliti bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran team assisted individualization berbantuan media gambar terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA tema 5 subtema 1 di kelas V SDN 31 Pontianak Tenggara Tahun Pelajaran 2022/2023. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model pembelajaran en_US
dc.subject team assisted individualization en_US
dc.subject media gambar en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA TEMA 5 SUBTEMA 1 DI KELAS V SDN 31 PONTIANAK TENGGARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account