dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar
pretest materi ekosistem. 2) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran
team assisted individualization berbantuan media gambar. 3) Hasil belajar posttest
materi ekosistem. 4) Pengaruh model pembelajaran team assisted
individualization berbantuan media gambar. 5) Seberapa besar pengaruh hasil
belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran team assisted
individualization berbantuan media gambar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah preexperimental dengan bentuk one group pretest posttest design. Lokasi penelitian
di SDN 31 Pontianak Tenggara. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas V
yang dipilih dengan teknik sampel total. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes, observasi dan dokumentasi. Alat nya berupa tes pilihan ganda, daftar checklist
dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis instrumen dan uji
prasyarat analisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Hasil Belajar pretest materi
ekosistem memperoleh nilai rata-rata sebesar 47,84 dengan kategori cukup. 2)
Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran team assisted
individualization berbantuan media gambar berdasarkan hasil observasi diperoleh
hasil 97,5 dengan kategori sangat tinggi. 3) Hasil belajar posttest materi
ekosistem memperoleh nilai rata-rata 81,4 dengan kategori sangat tinggi. 4)
Berdasarkan uji wilcoxson artinya terdapat pengaruh model pembelajaran team
assisted Individualization berbantuan media gambar ditunjukan dengan hasil nilai
signifikansi sebesar 0,000 dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak karena,
nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,000<0,05. 5) Besarnya pengaruh penggunaan
model pembelajaran team assisted individualization berbantuan media gambar
terhadap hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari uji N-Gain score sebesar
0,7317 yang menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar dengan kategori tinggi.
Berdasarkan kesimpulan peneliti bahwa ada pengaruh penggunaan model
pembelajaran team assisted individualization berbantuan media gambar terhadap
hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA tema 5 subtema 1 di kelas V SDN
31 Pontianak Tenggara Tahun Pelajaran 2022/2023. |
en_US |