dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor
penghambat dalam membaca permulaan serta solusi dalam mengatasi
kesulitan dalam membaca pada peserta didik kelas I SD Negeri 31
Pontianak Tenggara.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif. Menggambarkan serta mengungkapkan keadaan subjek dengan
sebenar-benarnya dan apa adanya. Teknik pengumpulan data yang
digunakan oleh peneliti dimulai dari observasi serta wawancara dengan guru
wali kelas dan orangtua peserta didik.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) Faktor-faktor internal yang menjadi penghambat
membaca permulaan adalah faktor psikologis dan faktor intelektual. 2)
Faktor-faktor eksternal yang menjadi penghambat membaca permulaan
adalah faktor keluarga dan faktor sekolah. 3) Solusi dalam mengatasi
penghambat membaca permulaan yaitu orangtua harus meluangkan waktu
lebih kepada anaknya, memberikan perhatian, memberikan motivasi, serta
selalu memantau dan membimbing anak dalam belajar membaca permulaan
dan guru harus lebih inovatif dan kreatif dalam mengaplikasikan media
pembelajaran serta guru lebih memprioritaskan dan memberi perhatian lebih
kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. |
en_US |