dc.description.abstract |
Latar belakang dari penelitian ini dikarenakan kurangnya kemampuan
membaca permulaan peserta didik yang dapat mempengaruhi kegiatan
pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah metode diskusi
berbantuan media puzzle mampu membantu mengatasi permasalahan kemampuan
membaca permulaan peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan
permulaan peserta didik sebelum menggunakan metode diskusi berbantuan media
puzzle dalam pembelajaran tematik tema 7 di kelas II SDN 36 Sungai Kakap, 2)
Kemampuan membaca permulaan peserta didik setelah menggunakan metode
diskusi berbantuan media puzzle dalam pembelajaran tematik tema 7 di kelas II
SDN 36 Sungai Kakap, dan 3) Seberapa besar pengaruh penggunaan metode diskusi
berbantuan media puzzle terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik
dalam pembelajaran tematik tema 7 kelas II SDN 36 Sungai Kakap tahun pelajaran
2021/2022.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian preeksperimen one group pretest posttest. Populasi dari penelitian ini adalah peserta
didik kelas II SDN 36 Sungai Kakap. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan
data adalah dengan menggunakan soal tes, observassi dan dokumentasi. Sedangkan
untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji
hipotesis dengan teknik uji paired sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca permulaan
peserta didik sebelum menggunakan metode diskusi berbantuan media puzzle masih
tergolong rendah, dengan presentase 36,84% dalam kategori tuntas dan 63,16%
dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 57,89. 2) Setelah menggunakan
langkah metode diskusi yang dikolaborasikan dengan media puzzle, presentase
ketuntasan kemampuan membaca permulaan peserta didik meningkat menjadi
73,68% dalam kategori tuntas dan 26,32% dalam kategori tidak tuntas dengan nilai
rata-rata 74,74. 3) Berdasarkan hasil uji paired sample t test, dapat terlihat bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode diskusi berbantuan
media puzzle yang ditunjukkan dari nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang diartikan
bahwa 0,000 lebih kecil (<) 0,05 maka Ha dapat diterima. Hal ini dapat diartikan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil post-test dan pre-test
kemampuan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran tematik tema 7
tahun pelajaran 2021/2022. |
en_US |