PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 KELAS II SDN 36 SUNGAI KAKAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.author Rizkiani, Alia Wahyu
dc.date.accessioned 2023-07-03T03:56:22Z
dc.date.available 2023-07-03T03:56:22Z
dc.date.issued 2022-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3282
dc.description.abstract Latar belakang dari penelitian ini dikarenakan kurangnya kemampuan membaca permulaan peserta didik yang dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah metode diskusi berbantuan media puzzle mampu membantu mengatasi permasalahan kemampuan membaca permulaan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan permulaan peserta didik sebelum menggunakan metode diskusi berbantuan media puzzle dalam pembelajaran tematik tema 7 di kelas II SDN 36 Sungai Kakap, 2) Kemampuan membaca permulaan peserta didik setelah menggunakan metode diskusi berbantuan media puzzle dalam pembelajaran tematik tema 7 di kelas II SDN 36 Sungai Kakap, dan 3) Seberapa besar pengaruh penggunaan metode diskusi berbantuan media puzzle terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 7 kelas II SDN 36 Sungai Kakap tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian preeksperimen one group pretest posttest. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN 36 Sungai Kakap. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan soal tes, observassi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan teknik uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca permulaan peserta didik sebelum menggunakan metode diskusi berbantuan media puzzle masih tergolong rendah, dengan presentase 36,84% dalam kategori tuntas dan 63,16% dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 57,89. 2) Setelah menggunakan langkah metode diskusi yang dikolaborasikan dengan media puzzle, presentase ketuntasan kemampuan membaca permulaan peserta didik meningkat menjadi 73,68% dalam kategori tuntas dan 26,32% dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 74,74. 3) Berdasarkan hasil uji paired sample t test, dapat terlihat bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode diskusi berbantuan media puzzle yang ditunjukkan dari nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang diartikan bahwa 0,000 lebih kecil (<) 0,05 maka Ha dapat diterima. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil post-test dan pre-test kemampuan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran tematik tema 7 tahun pelajaran 2021/2022. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject metode diskusi en_US
dc.subject media puzzle en_US
dc.subject kemampuan membaca permulaan en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 KELAS II SDN 36 SUNGAI KAKAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account