PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA VIDEO TUTORIAL TERHADAP KEMAMPUAN GERAK DASAR TARI PESERTA DIDIK MATERI SBDP KELAS 4 MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Maulina, Alda Anggrheini
dc.date.accessioned 2023-07-03T03:41:06Z
dc.date.available 2023-07-03T03:41:06Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3281
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi munculnya masalah yang berkaitan dengan Materi SBdP Gerak Dasar Tari untuk kegiatan prakteknya peserta didik disuruh melakukan sendiri di rumah baik kelompok maupun individu sedangkan guru tidak mampu untuk membimbingnya, untuk mengatasi masalahan tersebut dalam Penelitian ini Peneliti melakukan eksperimen dengan menggunakan Metode Demontrasi berbantu Media Video Tutorial dengan tujuan umum untuk mendeskripsikan pengaruh metode demonstrasi terhadap keterampilan gerak dasar tari peserta didik kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Desain Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan Quasi Eksperimen Design. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, teknik pengukuran dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan ialah analisis instrumen yang terdiri dari validitas isi, analisis deskriptif yang terdiri dari mean dan frekuensi, uji prasyarat terdiri dari normalitas data dan homogenitas serta hipotesis yang terdiri dari uji paired sample t test. Sumber data penelitian ini adalah populasi dan sampel. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 4C berjumlah 43 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas 4B berjumlah 44 sebagai kelas kontrol Berdasarkan hasil uji hipotesis atau uji-t pada tes keterampilan gerak dasar tari peserta didik di kelas eksperimen yang telah dihitung menggunakan SPSS versi 25 dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil analisis dari tabel Uji paired sample t test di atas diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti nilai signifikan yang diperoleh lebih kecil dari 0, 05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara keterampilan yang diperoleh di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Artinya terdapat pengaruh dari variabel bebas (metode demontrasi berbantuan media video tutorial) terhadap variabel terikat (kemampuan gerak dasar tari) atau Ha diterima dan Ho ditolak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Demonstrasi en_US
dc.subject Media Video Tutorial en_US
dc.subject Kemampuan Gerak Dasar Tari en_US
dc.title PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA VIDEO TUTORIAL TERHADAP KEMAMPUAN GERAK DASAR TARI PESERTA DIDIK MATERI SBDP KELAS 4 MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account