PENGEMBANGAN APLIKASI BAHAN AJAR MULTIMODAL TEMATIK BERBASIS ANDROID KELAS V TEMA 5 DALAM MENUNJANG PTM TERBATAS DI SDN 09 PONTIANAK UTARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Mahrani, Mahrani
dc.contributor.author Al Jufri, Aisyah
dc.date.accessioned 2023-07-03T03:09:58Z
dc.date.available 2023-07-03T03:09:58Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3279
dc.description.abstract Peran teknologi pendidikan menjadi penting dalam mengimplementasikan pembelajaran bermutu yang mengarah kepada pemecahan persoalan belajar peserta didik dengan menggunakan sumber belajar bahan ajar. Hal yang menjadi permasalahan adalah keterbatasan materi yang diberikan oleh guru sehingga materinya dan contoh atau pengembangannya hanya sebatas materi yang ada di buku saja, dengan kata lain bahan ajar tersebut tidak memuat penjelasan yang lebih rinci. Salah satu terobosan yang dapat dijadikan solusi adalah menggabungkan beberapa solusi menjadi satu dalam sebuah aplikasi, seperti bahan ajar multimodal. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan (1) langkah-langkah pengembangan aplikasi bahan ajar tematik multimodal kelas V tema 5 berbasis android untuk menunjang PTM terbatas di SDN 09 Pontianak Utara. (2) kelayakan aplikasi bahan ajar tematik multimodal kelas V tema 5 berbasis android untuk menunjang PTM terbatas di SDN 09 Pontianak Utara (3) kepraktisan aplikasi bahan ajar tematik multimodal kelas V tema 5 berbasis android untuk menunjang PTM terbatas di SDN 09 Pontianak Utara. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahap yaitu, Define (penetapan), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli produk, lembar validasi ahli media, validasi materi dan lembar uji kepraktisan terhadap guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pengembangan aplikasi bahan ajar tematik multimodal berbasis android terdapat dua tahap yaitu, tahap perancangan awal dan tahap perancangan akhir (2) kelayakan aplikasi bahan ajar tematik multimodal pada produk, media dan materi didapatkan presentase sebesar 98%, 97.7% dan 97.6% masuk kategori “sangat layak” (3) kepraktisan pada aplikasi bahan ajar multimodal berbasis android mendapatkan persentase sebesar 99.4% masuk kriteria “sangat layak”. Dengan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi bahan ajar multimodal berbasis android kelas V tema 5 “ekosistem” dapat dijadikan salah satu alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Aplikasi en_US
dc.subject Bahan Ajar en_US
dc.subject Multimodal en_US
dc.subject Android en_US
dc.subject Tematik en_US
dc.title PENGEMBANGAN APLIKASI BAHAN AJAR MULTIMODAL TEMATIK BERBASIS ANDROID KELAS V TEMA 5 DALAM MENUNJANG PTM TERBATAS DI SDN 09 PONTIANAK UTARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account