dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan pemahaman peserta
didik terhadap konsep pada kelas kontrol; 2) langkah-langkah penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe pair check; 3) mendeskripsikan pemahaman peserta
didik terhadap konsep pada kelas eksperimen; 4) menguji pengaruh yang signifikan
terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen; 5) mengetahui
seberapa besar pengaruh pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen
semu dan menggunakan desain non equivalent control group design. Lokasi
penelitian di SD Negeri 06 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi
penelitian ini seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 56 orang. Sampel
penelitian ini adalah peserta didik kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V
B sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan berupa observasi, tes dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial
menggunakan uji independent sample t-test.
Hasil penelitian ini disimpulkan: 1) pemahaman peserta didik terhadap
konsep pada kelas kontrol yaitu nilai pre-test 25,9 dan nilai post-test 63,6; 2)
bekerja secara berpasangan, berbagi peran antara pelatih dan partner, pelatih
memberi soal, sedangkan partner menjawab, mengecek jawaban, bertukar peran,
penyimpulan, evaluasi, dan penutup 3) pemahaman peserta didik terhadap konsep
pada kelas yaitu nilai pre-test 23,64 dan nilai post-test 75,42; 4) terdapat pengaruh
yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check; 5)
hasil perhitungan yang diperoleh yaitu dengan gain sebesar -0,167 dengan
menggunakan model kooperatif tipe pair check. |
en_US |