PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI 06 PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.author Melinda, Agus
dc.date.accessioned 2023-07-03T02:57:21Z
dc.date.available 2023-07-03T02:57:21Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3278
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan pemahaman peserta didik terhadap konsep pada kelas kontrol; 2) langkah-langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check; 3) mendeskripsikan pemahaman peserta didik terhadap konsep pada kelas eksperimen; 4) menguji pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen; 5) mengetahui seberapa besar pengaruh pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan menggunakan desain non equivalent control group design. Lokasi penelitian di SD Negeri 06 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 56 orang. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan berupa observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini disimpulkan: 1) pemahaman peserta didik terhadap konsep pada kelas kontrol yaitu nilai pre-test 25,9 dan nilai post-test 63,6; 2) bekerja secara berpasangan, berbagi peran antara pelatih dan partner, pelatih memberi soal, sedangkan partner menjawab, mengecek jawaban, bertukar peran, penyimpulan, evaluasi, dan penutup 3) pemahaman peserta didik terhadap konsep pada kelas yaitu nilai pre-test 23,64 dan nilai post-test 75,42; 4) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check; 5) hasil perhitungan yang diperoleh yaitu dengan gain sebesar -0,167 dengan menggunakan model kooperatif tipe pair check. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Kooperatif Tipe Pair Check en_US
dc.subject Media Tiga Dimensi en_US
dc.subject Pemahaman Konsep en_US
dc.subject Sifat-Sifat Bangun Ruang en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI 06 PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account