Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) profil Bank Syariah
Indonesia (BSI) sebagai hasil meger-nya 3 bank syariah sebelumnya (2) tujuan dari
merger-nya 3 bank syariah tersebut menjadi sebuah bank syariah baru yaitu Bank
Syariah Indonesia (BSI) (3) tingkat brand awareness konsumen terhadap Bank Syariah
Indonesia (BSI) di Kota Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian metode campuran (mix method). Data yang
dipakai dalam penelitian ini bersumber dari jawaban responden atas pertanyaan dalam
kuesioner yang telah disebar kepada masyarakat Kota Pontianak serta data pendukung
yang berasal dari Laporan Keuangan Tahunan Bank Syariah Indonesia tahun 2021.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa : (1)
Bank Syariah Indonesia diresmikan pada tanggal 1 Februari 2021 bertepatan pada
tanggal 19 Jumadil Akhir 1442 H, menekuni bidang usaha perbankan umum yang
didasari prinsip syariah, mempunyai visi “menjadi TOP 10 Global Islamic Bank” dan
misi “memberikan akses solusi keuangan syariah di Indonesia”; (2) tujuan dari
terbentuknya Bank Syariah Indonesia yaitu menyatukan kekuatan 3 bank syariah untuk
memenuhi kebutuhan nasabah dan meraih pangsa pasar syariah yang belum terjamah;
(3) Tingkat brand awareness (kesadaran merek) masyarakat Kota Pontianak terhadap
keberadaan Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai sebuah bank syariah baru sudah baik
dikarenakan Bank Syariah Indonesia menduduki posisi pertama dalam analisis top of
mind dengan persentase sebesar 67% atau 67 orang dari 100 orang responden, untuk
responden yang perlu diingatkan kembali sebesar 14% atau 14 orang, untuk responden
yang perlu dikenalkan sebesar 16% atau 16 orang, dan hanya 5% atau 5 orang saja yang
sama sekali tidak mengetahui Bank Syariah Indonesia (BSI) di Kota Pontianak.